Petani Keluhkan Kelangkaan Pupuk

Jumat 14-12-2012,14:35 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

ARGA MAKMUR, BE - Ketua kelompok tani Sido Urip, Totong Targuna mengatakan para petani sangat kesulitan mendapatkan pasokan pupuk.  Kelangkaan pupuk ini sangat menghambat para petani karena tanamannya kurang subur.

\"Kami kesulitan sekali membeli pupuk, sementara uang yang kami miliki cukup untuk membeli pupuk, sehingga kami kesulitan,\" ujar Totong.  Keluhan ini disampaikan Totong kepada Plt Gubernur Bengkulu H Junaidi Hamsyah, SAg MPd.   Tak hanya Totong, para petani lainnya pun sangat antusias menyampaikan keluhan yang tengah dihadapi kepada Plt Gubernur.

Sementara Plt Gubernur sangat merespon keluhan warga di bidang pertanian. Junaidi mengatakan, ia merasa bangga atas apa yang telah dicapai Bengkulu Utara dalam hal pertanian.   Plt Gubernur juga berjanji akan memperhatikan kelangkaan pupuk dan pembangunan gedung pupuk di Kemumu akan segera ditindaklanjuti secara bertahap untuk kelancaran para petani mendapatkan pupuk.  Apalagi pupuk yang digunakan adalah pupuk organik.

\"Semua akan kita tinjau dan tindaklanjuti namun secara berkala karena butuh proses dan persiapan yang baik agar pencapaian hasil menjadi baik.  Kita sangat dukung untuk meningkatkan pertanian di sini yang memiliki lahan pertanian cukup luas dan baik,\" papar gubernur.

Sementara ditanya untuk pembangunan saluran irigasi di Desa Batu Roto Kabupaten Bengkulu Utara, ia mengatakan akan mengkroscek langsung ke lokasi mengingat saluran irigasi saat ini dikeluhkan warga karena sasaran saluran irigasi kurang tepat, sehingga air hanya menggenang di tengah saluran dan serapan air di sawah sekitar tersebut menjadi berkurang.  \"Kita akan kroscek secepatnya karena pembangunan irigasi tersebut sebelum pembangunan sudah ada standarnya,\" pungkas Plt Gubernur. (117)

Tags :
Kategori :

Terkait