Dalang Si Cepot, Asep Sunarya Dimakamkan di Padepokan Seni

Selasa 01-04-2014,08:00 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

Cita-cita almarhum Asep Sunandar Sunarya sebagai seorang seniman dan budayawan Sunda sangat luhur. Selain ingin menyatukan persepsi terhadap para seniman di Jawa Barat, dalang wayang golek itu juga bercita-cita membuat tempat berkumpulnya para seniman di sebuah padepokan semasa hidupnya.

Dadan Sunandar memaparkan keinginan ayahnya untuk membuat padepokan seni atau pendopo sudah tercapai.

\"Untuk padepokannya sudah jadi. Namun beliau ingin mewujudkannya dengan mengumpulkan para seniman dulu, baru diresmikan. Rencananya tahun ini akan diresmikan. Namun Allah SWT berkehendak lain,\" papar Dadan saat ditemui di rumah duka, Desa Jelekong, Baleendah, Bandung, Senin (31/3).

Rencananya jenazah almarhum akan dimakamkan di sekitar padepokan besok pagi pukul 10.00 WIB. \"Insya Allah akan dimakamkan di sekitar padepokan. Karena ini merupakan padepokan yang dicita-citakan beliau,\" ujar Dadan.

Kepergian almarhum, membuat Dadan kaget. Karena pada pagi harinya Asep Sunandar masih sempat datang kerumah anaknya tersebut, dan menanyakan binatang peliharaannya. Saat itu, beliau masih sehat wal wafiat.

\"Ya saya nggak nyangka karena tadi pagi almarhum sempat berkunjung ke rumah, dan sekedar menanyakan kabar dan binatang peliharaan yang ada di rumah,\" ujar Dadan Sunandar.

Sejumlah seniman Jawa Barat yang menjadi sahabat alamarhum datang melayat. Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi serta Bupati Kabupaten Bandung Dadang Naser juga diinformasikan akan melayat ke rumah duka. (rmo/jpnn)

Tags :
Kategori :

Terkait