Ini Cara Pendaftaran CPNS Online

Minggu 08-09-2013,11:50 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

Pendaftaran CPNS secara online memang terbilang baru bagi warga Bengkulu. Pasalnya, selama ini pendaftaran CPNS selalu manual. Dengan sistem pendaftara online ini membuka lebar kesempatan untuk semua Warga Negara Indonesia (WNI) untuk mendaftar sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) antar pulau antar provinsi. Bagi warga yang belum mengetahui tata cara pendaftaran CPNS online Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyajikan cara dan persyaratan pendaftaran online CPNS 2013. Berikut cara pendaftaran CPNS Online di situs Sistem Seleksi CPNS Nasional (SSCN) https://sscn.bkn.go.id, yang merupakan situs resmi pendaftaran CPNS Formasi Umum Tahun 2013 yang dapat digunakan oleh instansi pusat maupun instansi daerah dalam melakukan pendaftaran CPNS. Pertama-tama harus membuka situs resmi pendaftaran CPNS online yang beralamat di https://sscn.bkn.go.id. Ingat jangan sampai salah, karena kalau salah bisa masuk ke situs penipuan. Setelah membuka situs resmi pendaftaran CPNS online, klik pada bagian “Pendaftaran CPNS Nasional” dan isi formulir yang telah disediakan secara online, maka data diri Anda akan tersimpan di server panitia pendaftaran CPNS online 2013. Formulir-formulir yang telah diisi dapat diunduh, seperti surat pernyataan, daftar riwayat hidup, formulir pendaftaran online dan tanda bukti pendaftaran serta berkas lainnya jika ada. Berkas-berkas ini dapat dicetak/diprint, selanjutnya bersama-sama dengan berkas persyaratan CPNS lainnya seperti ijazah, Fotokopi KTP/SIM, pas foto, tentunya persyaratan yang sesuai dengan masing-masing instansi pendaftaran CPNS. Setelah lengkap, masukkan dalam sebuah amplop dan segera kirimkan pada panitia penerimaan CPNS 2013 dengan alamat khusus, nantinya diberitahukan secara jelas. Silahkan cek kembali, apabila memenuhi syarat pendaftaran administrasi maka akan lulus untuk tahap seleksi berkas dan berhak untuk mengikuti ujian tertulis CPNS 2013. Demikian gambaran umum tata cara pendaftaran online CPNS 2013, sedangkan untuk persyaratan CPNS 2013 disesuaikan pada masing-masing instansi.

Hadiah Rp 1 M Sementara itu Menteri Pendayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Azwar Abubakar, menegaskan tak ada nepotisme dan kolusi dalam penerimaan calon Pegawai Negeri Sipil (PNS) kali ini. Jika ada yang menemukan lulus tidak murni, ia berani membayar Rp1 milyar. “Tahun lalu saja tidak ada permainan, kalau ada permainan tahun lalu saya berani bayar 1 milyar,” kata Azwar. Azwar mengingatkan peserta untuk tidak percaya kepada calo atau bocoran kunci jawaban. Menurutnya penerimaan calon PNS kali ini sangat transparan. Lembar jawaban yang dipakai dalam ujian CPNS kali ini menggunakan kertas elektronik agar bisa langsung dibaca komputer dan diumumkan segera hasilnya. “Hasil komputer itu langsung diumumkan, jadi tak bisa diolah-olah lagi. Saya pun ngak bisa urus anak saya. Jadi jangan percaya kalau ada yang bilang orang Menpan, orang kantor gubernur bisa urus, tak ada itu. Tipu semua,” ujar mantan Gubernur Aceh itu. Menurutnya, calon PNS jangan pernah terbujuk rayu oleh calo yang menawarkan jasanya. Peserta harus terus belajar, karena lulus tidaknya seseorang dalam penerimaan CPNS kali ini ditentukan oleh kecakapan dan keahliannya. Ada tiga kemampuan yang diuji dalam tes CPNS tahun ini, kata dia, yaitu kemampuan akademik, kebangsaan dan kepribadian. “Belajar saja, belajar kelompok. Kan materinya sudah ada,” ujarnya. Proses perekrutan CPNS tahun ini sudah memasuki tahap lelang cetak lembaran jawaban. Sementara ujiannya akan digelar serentak secara nasional pada 3 November mendatang.

109 Ribu Honorer

Pengangkatan tenaga honorer kategori dua (K2) menjadi CPNS akan dilakukan dua tahap, yakni tahun 2013 dan 2014.  Untuk tahun ini, rencananya akan diangkat 109 ribu dari  yang lulus tes kompetensi dasar (TKD) dan tes kompetensi bidang (TKB) pada 3 November 2013 mendatang. Demikian dikatakan Wakil Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Eko Prasojo. “Pelaksanaan tes hanya sekali, tetapi yang lulus diangkat tahun ini dan tahun depan. Selanjutnya tidak ada lagi cerita  tentang honorer,” ujar Eko. Eko menambahkan, 109 ribu orang itu akan diangkat menjadi CPNS bersama pelamar umum yang diterima. Formasi untuk CPNS dari pelamar umum sebanyak 65 ribu. Untuk pusat 25 ribu, dan daerah 40 ribu. Sebelumnya Deputi Bidang SDM Aparatur KemenPAN-RB Setiawan Wangsaatmaja mengatakan, sesuai PP 56 Tahun 2012 tentang Pengangkatan honorer tertinggal, pemerintah telah menyusun dua skenario untuk K2. Apabila jumlah peserta seleksi K2 yang memenuhi nilai ambang batas (passing grade) kurang dari jumlah PNS yang pensiun pada instansi bersangkutan, mereka dialokasikan diangkat pada 2013. Namun, bila jumlah yang memenuhi passing grade lebih besar dari jumlah pensiunan PNS, maka untuk tahun ini didahulukan honorer berusia lebih tua. Selebihnya untuk tahun 2014. Selain itu, alokasi formasi honorer K2 juga memperhatikan persentase belanja pegawai dalam APBD.(**)

Tags :
Kategori :

Terkait