Penalti Van Persie Selamatkan Belanda

Sabtu 07-09-2013,10:30 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

Kualifikasi Piala Dunia Zona Eropa

TALINN--Belanda hampir saja mengalami kekalahan pertamanya di Grup D babak kualifikasi Piala Dunia Brazil 2014, Sabtu (7/9) dini hari WIB. Melawat ke Estonia, Arjen Robben dan kawan-kawan nyaris saja pulang dengan kekalahan. Pasalnya tuan rumah yang bermain cukup efektif memberikan perlawanan sengit.

Dimana hingga 90 menit waktu normar berlangsung Estonia masih memimpin 2-1. Beruntung  Robin van Persie menjadi penyelamat dengan mencetak gol penyeimbang di masa injury time babak kedua. Laga berakhir 2-2.

Sebenarnya Belanda yang tampil dengan kostum Orange nya tampil agresif dengan mencetak gol cepat saat laga baru berjalan dua menit.  Gol ini lahir dari aksi individual Robben yang berhasil  melesakkan bola dari sisi kanan pertahanan Estonia. Bola meluncur tanpa mampu ditepis kiper Sergei Pareiko. 0-1 belanda memimpin.

Namun demikian 16 berselang tuan rumah berhasil menyamakan kedudukan lewat  aksi Konstantin Vassiljev memanfaatkan umpan Martin Vunk. Bola datar  yang dihempaskan dari jarak sekitar 20 meter tidak mampu ditepis kiper tim tamu. Skor 1-1 bertahan hingga turun minum.

Selepas jeda Estonia balik memimpin  di menit ke 57. Vassiljev lagi-lagi menjadi momok bagi barisan pertahanan Belanda dengan mencetak gol keduanya. Skor kini 2-1.

Tertinggal  satu gol Belanda ini mengintensifkan serbuan. Namun demikian kurang tenangnya penyelesaian akhir membuat gol yang ditunggu tak kunjung tiba. Waktu sudah menunjukkan 90 menit, namun Belanda sepertinya akan kalah.

Hanya saja Dewi fortuna berkata lain  di masa perpanjangan waktu. Upaya Van Persie mengejar umpan Dirk Kuyt mendapatkan hadangan di kotak terlarang . Van Persie jatuh dan wasit melihat ini sebagai pelanggaran yang harus diganjar penalti. Van Persie yang ditunjuk sebagai eksekutor dengan tenang menjalankan tugas sekaligus menyelamatkan timnya dari kekalahan. Skor 2-2 menutup laga.

Dengan hasil ini  Belanda masih kokoh di puncak klasemen sementara grup D dengan 19 angka dari tujuh laga. Sementara Estonia berada di peringkat ke lima dengan tujuh angka. Mereka harus ikhlas disalip Turki yang di waktu bersamaan menyikat Andorra dengan skor telak 5-0.(zul/jpnn)

Tags :
Kategori :

Terkait