BE TV Segera Mengudara

Kamis 25-04-2013,13:30 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

BENGKULU, BE - PT Media Sarana Televisi Bengkulu atau BE TV dalam waktu dekat segera mengudara. BE TV telah mendapatkan izin ujicoba siaran  dari Kementerian Komunikasi dan Informasi, yang diserahkan melalui Komisi Independen Penyiaran Daerah (KPID) Bengkulu. BE TV memperoleh Kanal 24 bersiaran, sehingga dalam waktu dekat akan mewarnai pertelivisian lokal. Serah terima izin dan kanal 24 tersebut dilakukan langsung oleh Ketua KPID Bengkulu Fajri Anshori SE, didampingi Komisioner lainnya Zairin Bastian SP, Mona Anggraini SPt, dan Dyah Noor Intan SSos, serta Kepala Sekretariat KPID Sulaeman Segonang. Kanal Tv tersebut diterima oleh General Manager (GM) Bengkulu Ekspress Sukatno dan Pemimpin Perusahaan Firdaus SP MM.

\"Dengan sudah mendapatkan kanal ini, BE TV sudah bisa ujicoba siaran. Kami berharap BE TV akan mewarnai penyiaran di Bengkulu,\" kata Ketua KPID Bengkulu Fajry Anshori.

Dia berharap BE TV akan menjadi penyeimbang penyiaran lokal yang akan mengedepankan siaran yang berkualitas dan mencerdaskan. Selain  dapat mengeksplorasi terhadap kearifan lokal. \"Di tengah harapan kepada TV nasional mulai sirna, BE TV kita harapkan  bisa mengeksplor Bengkulu sehingga masyarakat menjadi cerdas,  dan Provinsi Bengkulu menjadi cepat maju,\" katanya. Dikatakannya, selain PT Media Sarana Televisi Bengkulu mendapatkan IPP Prinsip pada Kanal 24 UHF, televisi lainnya yaitu PT Tran7 Bengkulu Jambi disetujui diberikan IPP Prinsip pada Kanal 35 UHF, serta PT Lativi Media Karya (TV One) Banjarmasin-Bengkulu disetujui diberikan IPP prinsip pada Kanal 44 UHF.\"Sebenarnya jumlah kanalnya ada 5, tapi sesuai peraturan menteri dua kanal harus  simpan (Reserve) untuk wilayah Kota Bengkulu-Bengkulu Tengah,\" katanya.

Sehingga tiga Tv Swasta lainnya akan diarahkan untuk menggunakan kanal daerah sekitarnya seperti Bengkulu Utara dan Seluma. \"Yang tidak dapat (kanal), hasil Rapat Forum Bersama (RFB), memutuskan untuk menggunakan kanal terdekat. Cuma prosesnya akan dilakukan terhadap siapa yang lebih dulu mengajukan perizinan,\" katanya.

Dia mengatakan, KPID tetap berusaha Tv Swasta yang sudah mengudara  tetapi belum memiliki izin, tetap diupayakan mendapatkan izin atau kanal siaran. \"KPID tidak mau masyarakat yang sudah menonton dirugikan,\" katanya.

Fajri mengatakan dengan terbitnya izin bagi BE TV, kearifan lokal diharapkan diangkat, sehingga masyarakat tidak tergerus dengan budaya yang tidak sesuai dengan nilai-nilai masyarakat. \"BE TV bisa menjadi pione TV-TV lokal, untuk mencerdaskan masyarakay dengan berita-berita yang  baik, tidak bohong, serta memberikan hiburan yang cukup kepada masyarakat,\" ujarnya.

General Manager Bengkulu Ekspress Sukatno SPd, mengatakan berterimakasih kepada KPID  yang telah membantu proses keluarnya izin BE TV. Izin tersebut menjadi langkah awal bagi BE Tv untuk cepat mengudara. \"Perjuangannya sudah sekitar 4 tahun, kita bersyukur akhirnya izin perdana ini terbit,\" katanya.

Dia mengatakan, munculnya BE TV akan menambah kemajuan bagi daerah, dan menambah peluang kerja. Meski bermunculan TV-TV lainnya, Ketua PWI Cabang Bengkulu ini mengatakan, belajar dari daerah lain banyaknya TV justru akan membuat daerah semakin maju. \"Dan tidak akan mematikan TV-TV lokal lainnya yang sudah ada,\" katanya.

Hadirnya TV lokal juga akan menambah pendapatan pajak daerah. Karena perusahaan media selalu taat dalam membayar pajak. Sehingga, diharapkan kemajuan daerah semakin terdorong dengan hadirnya TV nasional dan lokal di Bengkulu.\"BE TV mudah-mudahan bermanfaat bagi masyarakat dan pembangunan daerah,\" ujarnya. (100)

Tags :
Kategori :

Terkait