SBY Calonkan Sultan

Selasa 16-04-2013,13:00 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

JAKARTA, BE - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memerintahkan Gubernur Bengkulu H Junaidi Hamsyah segera memproses pemilihan wakil gubernur (Pilwagub) Bengkulu.

Dalam pertemuan dengan Junaidi, SBY didampingi oleh Mendagri Gamawan Fauzi, Ketua Plh DPP Demokrat Syarif Hasan, dan Sekretaris Majelis Tinggi  Partai Demokrat Jero Wacik. Pertemuan dilakukan di Puri Cikeas, kediaman SBY sekitar pukul 10.00 WIB.

Mendagri Gamawan Fauzi, mengatakan hasil pertemuan Presiden dan SBY, pada intinya memerintahkan Gubernur H Junaidi Hamsyah segera memproses Pilwagub.

\"Tadi, saya menemani Bapak SBY bertemu dengan Gubernur Bengkulu (Junaidi Hamsyah). Presiden tegaskan nama yang beliau ajukan adalah Sultan B Najamudin dan perintahkan gubernur agar segera memprosesnya ke DPRD,\" kata Mendagri.

Sumber lain mengatakan, jika dalam pertemuan membahas kosongnya kursi wakil gubernur Bengkulu, SBY hanya menyebut nama Sultan N Najamudin. Bahkan, tidak ada penambahan dari tiga nama calon wakil gubernur yang sudah diajukan.

Tiga calon wakil gubernur yang sudah diajukan oleh Demokrat dan PAN antara lain Sultan B Najamudin, Edison Simbolon dan Dian A Syahroza. Sejauh ini, Gubernur Bengkulu H Junaidi Hamsyah tidak memberikan keterangan terkait hasil pertemuan dengan presiden SBY. Junaidi saat dikonfirmasi tidak memberikan jawaban sama sekali.

Anggota Fraksi PAN H Suharudin H Derus menyambut baik pertemuan Gubernur dengan SBY di Cikeas. Apapun hasil pertemuan tersebut, Gubernur harus segera mengajukan nama cawagub ke DPRD Provinsi. \"Dengan sudah ketemu Bapak SBY, justru baik, sehingga tidak ada alasan lagi untuk menunda Pilwagub,\" ujarnya.

Dia mengatakan, gubernur harus mengamati perkembangan politik yang bergerak dinamis. Sebab itu, gubernur harus segera melakukan pengisian kekosongan wakil gubernur, agar tidak mengganggu kinerjanya sebagai gubernur. \"Agar gubernur lebih fokus menjalankan tugas, tidak terganggu lagi masalah wakil gubernur, maka lebih baik segera diproses,\" ujarnya.

Asnawi Menuju DPD Sementara itu, Sekretaris Provinsi Drs H Asnawi A Lamat MSi mengatakan dalam waktu dekat akan mengumumkan keputusan terakhirnya untuk maju atau tidak maju, sebagai calon DPD RI.

Meski, sumber BE menyebutkan Asnawi sudah melakukan persiapan sangat matang untuk mendaftarkan sebagai calon DPD RI. \"Nanti saya undang kalian semua, untuk memberikan keterangan resmi,\" ujarnya. (100)

Tags :
Kategori :

Terkait