Manfaat Air Rebusan Sayur untuk Pupuk Tanaman

Sabtu 12-10-2024,19:45 WIB
Reporter : Bakti Setiawan
Editor : Ari Apriko

Setelah dingin, tuangkan air rebusan sayur langsung ke media tanam tanaman yang kamu miliki. Tuangkan secukupnya di sekitar area akar tanaman, sama seperti ketika menyiram tanaman dengan air biasa.

5. Frekuensi Penggunaan

Air rebusan sayur bisa digunakan sebagai pupuk tanaman setiap 1-2 minggu sekali. Pastikan untuk tidak berlebihan karena beberapa tanaman mungkin tidak memerlukan banyak nutrisi tambahan.

Manfaat Air Rebusan Sayur untuk Tanaman:

- Kaya nutrisi: Mengandung berbagai vitamin dan mineral yang diperlukan tanaman untuk tumbuh subur, seperti kalium, kalsium, magnesium, dan fosfor.

- Meningkatkan kesehatan tanah: Nutrisi dari air rebusan sayur bisa memperkaya kandungan organik dalam tanah, sehingga meningkatkan kesuburan tanah secara alami.

BACA JUGA:Cara Praktis Membuat Pupuk Kompos dari Ampas Tebu dan Manfaatnya

BACA JUGA:Manfaat Yogurt, Bisa Dijadikan Sebagai Pupuk Tanaman

- Mempercepat pertumbuhan: Air rebusan sayur membantu tanaman lebih cepat tumbuh dengan memberikan nutrisi yang langsung diserap oleh akar.

Menghemat air dan bahan alami: Menggunakan air rebusan sayur adalah cara efektif memanfaatkan bahan alami yang sering terbuang, sekaligus menghemat air.

Dengan cara ini, air rebusan sayur bisa menjadi pupuk organik yang bermanfaat untuk tanaman di rumah, sekaligus membantu kamu mengurangi limbah dapur secara efektif.(**)

Kategori :