Wujudkan Politik Sehat 2024, Pemprov Bengkulu dan Masyarakat Bersatu Cegah Hoaks Jelang Pilkada 2024

Selasa 08-10-2024,18:00 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

"Hoaks merupakan ancaman nyata bagi kohesi sosial. Dengan literasi digital yang baik, kita dapat bersama menjaga kondusifitas daerah," ujar Henny.

BACA JUGA:Doa Mohon Kebaikan dalam Urusan Dunia dan Akhirat, Diajarkan Rasulullah Langsung

BACA JUGA:Bawaslu Provinsi Bengkulu Launching Pemetaan Kerawanan Pilkada Serentak 2024

Koordinator Wilayah Mafindo Bengkulu, Dr. Gushevinalti juga menambahkan bahwa literasi digital sangat krusial, terutama ketika mayoritas pemilih dalam Pilkada 2024 adalah generasi Z dan milenial yang akrab dengan papan digital.

"Menjelang Pilkada dan Pemilu 2024, literasi digital menjadi kunci untuk menjaga proses demokrasi yang bersih dan adil," ungkapnya.

Di samping itu, relawan Mafindo Bengkulu, Iyud Dwi Mursito, menjelaskan bahwa media digital sering kali menjadi sarana penyebaran hoaks yang dapat mengganggu stabilitas sosial.

Untuk itu, Satgas Pemilu Mafindo berperan dalam memantau dan memverifikasi informasi yang beredar, guna memastikan publik tidak terperangkap oleh disinformasi yang merugikan.

BACA JUGA:Senam Zumba Bagus untuk Kesehatan Fisik dan Mental

BACA JUGA:PLN UID S2JB Raih Penghargaan CSR Terbaik dari AMSI Sumsel

Dengan adanya deklarasi ini, diharapkan masyarakat Bengkulu dapat berperan aktif dalam menjaga situasi yang aman serta mendukung terlaksananya Pilkada yang bermartabat dan berkualitas.

Masyarakat diharapkan juga menggali informasi yang akurat dan membangun komunikasi yang konstruktif, sehingga Pilkada 2024 dapat berlangsung dengan baik dan mencerminkan aspirasi rakyat.

Melalui upaya ini, Pemprov Bengkulu dan masyarakat berharap dapat mewujudkan lingkungan politik yang sehat, sehingga proses demokrasi dapat berjalan dengan adil dan bersih.

Literasi digital yang baik akan menjadi senjata utama dalam menghadapi tantangan informasi di era digital, mendorong masyarakat untuk lebih kritis dalam menanggapi setiap informasi yang beredar di media. 

Akhirnya, dengan komitmen bersama untuk mencegah hoaks dan menjaga stabilitas daerah, diharapkan Pilkada 2024 di Bengkulu akan menjadi momen yang menunjukkan kedewasaan dan kesadaran politik masyarakat.  (Adv)

Kategori :