Doa Mohon Kebaikan dalam Urusan Dunia dan Akhirat, Diajarkan Rasulullah Langsung

Jumat 11-10-2024,22:15 WIB
Reporter : Ari Apriko
Editor : Ari Apriko

BENGKULUEKSPRESS.COM- Dalam kehidupan sehari-hari, manusia sering kali dihadapkan pada berbagai tantangan yang memerlukan bimbingan dan pertolongan dari Allah.

Rasulullah Muhammad SAW, dalam banyak hadits, memberikan contoh doa-doa yang bisa dipanjatkan untuk memohon kebaikan dalam berbagai aspek kehidupan, baik itu urusan dunia, agama, maupun akhirat.

Salah satu doa yang diajarkan Rasulullah adalah doa yang memohon kebaikan dalam urusan agama, dunia, dan akhirat.

BACA JUGA:Amalkan Doa Ini Saat Sujud Terakhir, Ustaz Adi Hidayat: Bila Ingin Hajat Terkabul dan Rezeki Melimpah

BACA JUGA:Amalan Doa Pembuka Rezeki, Amalkan Dipagi Hari untuk Mengatasi Rezeki Seret

Doa ini sangat bermanfaat, tidak hanya sekadar dapat dibaca, tetapi juga menunjukkan bahwa Islam mengajarkan keseimbangan antara urusan dunia dan akhirat.

Doa ini diajarkan oleh Rasulullah SAW dan diriwayatkan dalam beberapa hadits, salah satunya oleh Imam Muslim dalam Shahih-nya.

Diriwayatkan dari Abu Hurairah RA, doa tersebut adalah sebagai berikut:

اللَّهُمَّ أَصْلِحْ لِي دِينِيَ الَّذِي هُوَ عِصْمَةُ أَمْرِي، وَأَصْلِحْ لِي دُنْيَايَ الَّتِي فِيهَا مَعَاشِي، وَأَصْلِحْ لِي آخِرَتِيَ الَّتِي إِلَيْهَا مَعَادِي، وَاجْعَلِ الْحَيَاةَ زِيَادَةً لِي فِي كُلِّ خَيْرٍ، وَاجْعَلِ الْمَوْتَ رَاحَةً لِي مِنْ كُلِّ شَرٍّ

Artinya:

"Ya Allah, perbaikilah untukku agamaku yang merupakan penjaga urusanku, perbaikilah untukku duniaku yang di dalamnya terdapat kehidupanku, dan perbaikilah untukku akhiratku yang menjadi tempat kembaliku, serta jadikanlah hidup ini sebagai tambahan bagiku dalam segala kebaikan, dan jadikanlah kematian sebagai istirahat bagiku dari segala keburukan,".

BACA JUGA:5 Doa Meminta Rezeki, Jadikan Dzikir Rutin Setiap Hari, Agar Rezeki Lancar

BACA JUGA:Ingin Anak Cerdas, Sholeh dan Baik Akhlaknya, Saat Tidur Pegang Kepalanya dan Bacakan Doa Berikut

Doa ini merupakan bentuk permohonan yang mencakup segala aspek kehidupan, mencerminkan ajaran Islam tentang keseimbangan antara kehidupan dunia dan akhirat, serta pentingnya menjaga agama dan menjalani hidup dengan baik.

Itulah doa yang bisa kita amalkan untuk memohon kebaikan dalam urusan dunia dan akhirat. Semoga bermanfaat.(*)

Kategori :