10 Jenis Makanan Ini Dikenal dengan Superfood yang Baik Untuk Kesehatan Tubuh

Minggu 13-10-2024,15:12 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM - Makanan yang diberi julukan "superfood" adalah jenis makanan yang dikenal karena kandungan nutrisinya yang sangat tinggi dan manfaat kesehatannya yang luar biasa. 

Meskipun istilah "superfood" tidak memiliki definisi ilmiah resmi, makanan yang dianggap sebagai superfood biasanya mengandung vitamin, mineral, antioksidan, serta nutrisi lainnya yang memberikan dukungan kuat bagi kesehatan tubuh dan pencegahan penyakit. 

Berikut adalah beberapa penjelasan mengenai makanan yang sering dianggap sebagai superfood dan alasan mengapa mereka mendapatkan julukan superfood:

1. Kale dan Sayuran Hijau

Sayuran hijau, terutama kale, dikenal sebagai superfood karena kaya akan vitamin A, C, K, serta berbagai mineral seperti kalsium dan zat besi. 

BACA JUGA:Kenali Kandungan, Manfaat, dan Cara Mengolah Daun Cincau Hijau

BACA JUGA:8 Manfaat Tomat Ceri Untuk Kesehatan dan Cara Mengonsumsinya

Kale juga mengandung antioksidan yang membantu melawan radikal bebas dalam tubuh, sehingga mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker. Selain itu, kale juga kaya akan serat yang baik untuk pencernaan.

2. Berries (Blueberry, Acai Berry, Goji Berry)

Berries dikenal karena kandungan antioksidan dan flavonoid yang tinggi, yang membantu melindungi tubuh dari kerusakan sel akibat radikal bebas. 

Blueberry, misalnya, terkenal karena dapat meningkatkan fungsi otak dan mendukung kesehatan jantung. 

Goji berry dan acai berry juga mengandung vitamin C, serat, dan senyawa anti-inflamasi yang mendukung sistem kekebalan tubuh.

BACA JUGA:Mengenal Burrata, Keju Khas Italia yang Memiliki Ragam Manfaat Untuk Kesehatan

BACA JUGA:11 Sayuran Ini Bisa Jadi Lalapan Sehat Untuk Menu Harian

3. Kacang-kacangan dan Biji-bijian

Kategori :