Ini 7 Tanda-Tanda Klep Motor Bocor Sebelum Terjadi Kerusakan yang Lebih Parah

Sabtu 12-10-2024,13:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

3. Munculnya suara kasar pada mesin motor

Cara mengetahui klep bocor pada motor berikutnya dapat dipantau melalui indera pendengaran. Seandainya kendaraan Anda mengeluarkan suara-suara aneh ketika digunakan, coba cek bagian mesinnya.

Klep motor bocor dapat menyebabkan suara mesin menjadi kasar karena adanya kebocoran kompresi atau tekanan yang hilang di dalam ruang bakar. Kasus ini muncul karena ada sesuatu yang kosong di bagian komponen sehingga menyisakan ruang maupun gesekan tertentu.

4. Munculnya asap dari knalpot

Ciri seal klep bocor pada motor berikutnya dapat dilihat dari kemunculan asap tak wajar dari bagian knalpot. Berbeda dari asap putih yang cenderung terlihat tak kasat mata, motor ngebul akibat klep bocor cenderung lebih parah.

Asap putih yang ngebul dari knalpot menandakan oli masuk ke ruang bakar, sementara asap hitam dapat menunjukkan campuran bahan bakar yang terlalu kaya karena klep tidak menutup dengan sempurna.

BACA JUGA:Inilah 7 Manfaat Krim Malam untuk Kulit Wajah

BACA JUGA:8 Cara Mengatasi Karang Gigi yang Dapat Menganggu Kesehatan Mulut

5. Berkurangnya oli mesin

Cara mengetahui klep motor bocor terakhir dapat dilihat melalui kebocoran oli mesin atau berkurangnya pelumas terkait. Beberapa kasus menimbulkan tetesan-tetesan tertentu tepat di bawah kendaraan.

Kondisi ini bisa menjadi lebih parah lagi seandainya tidak diketahui oleh pengendara. Gesekan akibat kekurangan pelumas bisa menimbulkan kerusakan krusial pada mesin motor.

Berkurangnya oli mesin bisa disebabkan oleh kebocoran pada seal klep, yang memungkinkan oli masuk ke ruang pembakaran dan terbakar bersama bahan bakar. Ini menyebabkan berkurangnya oli secara signifikan.

6. Overheat atau Mesin Cepat Panas

Mesin yang bekerja lebih keras akibat kebocoran klep cenderung mengalami overheat. 

Ketika klep bocor, proses pembakaran tidak berlangsung efisien, menyebabkan suhu mesin meningkat lebih cepat dari biasanya.

BACA JUGA:Tidur Ngorok Bikin Tidak Nyaman! Ini 8 Langkah Mudah Mencegah Ngorok

Kategori :