Populer Tahun 70-an, Ini Sejarah Pisang Epe Makanan Tradisional Khas Makassar

Rabu 09-10-2024,14:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

Dan karakter otentik pisang epe yang hanya terbuat dari pisang dan kuah gula merah menegaskan bahwa jajanan ini berasal dari Makassar.

Jumlah penjual pisang epe di Pantai Losari ternyata sangat banyak dan terus bertambah. Padahal dulu, pemerintah melarang para pedagang kaki lima untuk membuka lapaknya.

BACA JUGA:Roti Maryam Frozen dan Camilan Lainnya, Bisnis Rumahan yang Menggugah Selera di Bengkulu

BACA JUGA:Tajin Sobih, Suguhan Manis Tradisional Madura yang Mirip dengan Bubur SumSum

Kawasan ini pernah dikenal sebagai kawasan kaki lima terpanjang di dunia, karena tenda-tenda pedagang kaki lima berjejer di sepanjang jalan sepanjang lebih dari satu kilometer. Selain pisang epe, mayoritas pedagang kaki lima menjual makanan laut.

Saat ini, Pemerintah Kota Makassar telah mempercantik Pantai Losari dengan membangun anjungan seluas 100.000 meter persegi agar terlihat lebih indah, bersih, tidak tercemar, dan menyenangkan bagi pengunjung.

Cara Membuat Pisang Epe

Pisang raja memiliki tekstur yang lembut, sehingga sangat cocok untuk hidangan ini. Waktu memasak pisang epe hanya sekitar 2-3 menit. Siapkan anglo dan arang.

Pertama, kupas dan pipihkan pisang kepok lalu panggang di atas arang. Setelah matang, pisang epee siap disajikan dengan saus gula merah.

Untuk membuat saus gula merah, didihkan air hingga mendidih. Kemudian tambahkan gula dan aduk hingga tercampur rata.

BACA JUGA:Resep dan Cara Membuat Kue Bulan, Kue Khas Tiongkok yang Terbuat dari Pasta Biji Teratai

BACA JUGA:Tajin Sobih, Suguhan Manis Tradisional Madura yang Mirip dengan Bubur SumSum

Setelah gula merah larut sampai batas tertentu, tambahkan garam dan gula pasir. Aduk sedikit hingga saus memiliki kekentalan yang pas.

Banana epe kini menjadi lebih modern. Banyak penjual yang mencoba membuat variasi epe pisang. Ada yang dilapisi dengan keju, cokelat, parutan kelapa, durian, dan lain-lain.

Pisang epe biasanya dijual dalam kemasan berisi tiga buah dengan harga antara Rp 6.000 hingga Rp 8.000. Penjual epe di Pantai Losari biasanya mulai berjualan mulai pukul 17.00 hingga 22.00 WITA. Namun, pada hari Sabtu dan Minggu, mereka biasanya buka hingga pukul 12 malam.

Kategori :