Kaya Antioksidan dan Vitamin, Inilah 7 Manfaat Coklat Untuk Perawatan Kulit

Selasa 08-10-2024,18:34 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM - Coklat, yang secara ilmiah dikenal berasal dari tanaman Theobroma cacao, sering diasosiasikan dengan kenikmatan makanan penutup dan minuman. 

Namun, di luar kegunaannya sebagai bahan pangan, coklat juga memiliki manfaat luar biasa bagi kesehatan dan kecantikan kulit. 

Coklat, terutama coklat hitam (dark chocolate), kaya akan kandungan antioksidan, vitamin, dan mineral yang dapat memberi nutrisi dan meremajakan kulit. 

Berbagai produk perawatan kulit, seperti masker wajah, lotion, dan krim, telah mengadopsi coklat sebagai bahan utama untuk perawatan kulit.

BACA JUGA:10 Manfaat Lobak Untuk Kesehatan yang Sayang untuk Dilewatkan

BACA JUGA:Waspada, Inilah 10 Bahaya Asam Lambung Jika Diabaikan

Manfaat coklat untuk kulit tidak hanya berasal dari konsumsi internal tetapi juga aplikasikan secara eksternal, yang dapat membantu memberikan kelembaban, melawan tanda-tanda penuaan, serta melindungi kulit dari kerusakan akibat faktor eksternal seperti polusi dan sinar UV. Berikut adalah beberapa manfaat utama coklat untuk kulit:

Manfaat Coklat untuk Kulit

1. Melembapkan dan Menutrisi Kulit

Coklat kaya akan kandungan lemak sehat seperti asam oleat, asam stearat, dan asam palmitat yang dapat memberikan kelembapan alami pada kulit. 

Kandungan ini membuat coklat ideal untuk mengatasi kulit kering dan kasar. Penggunaan coklat pada kulit, baik dalam bentuk masker atau krim, dapat membantu mengunci kelembapan dan mencegah kulit menjadi kering.

2. Sebagai Antioksidan yang Kuat

Coklat, terutama dark chocolate, mengandung flavonoid dan polifenol yang berfungsi sebagai antioksidan kuat.  Antioksidan ini berperan dalam melindungi kulit dari kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas. 

BACA JUGA:Inilah 9 Manfaat Sabun Minyak Kelapa untuk Kesehatan Kulit

BACA JUGA:Begini Cara Mudah Mengatasi Lupa Kata Sandi Facebook

Kategori :