Dr. James Fujimoto Raih Penghargaan Honda 2024 atas Inovasi di Bidang Optical Coherence Tomography

Jumat 04-10-2024,12:57 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM - Penghargaan Honda 2024 Diberikan kepada Dr. James G. Fujimoto atas Kontribusi Pengembangan Optical Coherence Tomography (OCT).

Dikutip dari website Honda Global, Honda Foundation dengan bangga mengumumkan bahwa Penghargaan Honda 2024 diberikan kepada Dr. James G. Fujimoto, seorang Profesor Teknik Elektro dari Massachusetts Institute of Technology (MIT), atas kontribusi luar biasa dalam pengembangan Optical Coherence Tomography (OCT).

Teknologi ini, hasil inovasi tim penelitiannya, telah membawa revolusi dalam diagnosis medis, khususnya dalam oftalmologi, kardiologi, dan penelitian biomedis.

Penemuan OCT memungkinkan visualisasi bagian tersembunyi dari mata yang sebelumnya tak terjangkau oleh teknologi medis konvensional.

Sebelum adanya OCT, pemeriksaan mata hanya mengandalkan observasi struktur intravaskular fundus menggunakan pewarna, yang membatasi dokter dalam menganalisis bagian belakang mata serta saraf optik.

BACA JUGA:Astra Motor Bengkulu Hadirkan Diskon Khusus Honda Genio dan Beat di Bulan Oktober

BACA JUGA: Rangkaian Honda Bikers Day 2024 Akan Sambut Bikers di Pekanbaru, Banjarbaru, dan Makassar

OCT menggunakan cahaya dekat-inframerah yang diarahkan ke mata, di mana pantulan cahaya dari jaringan biologis di mata diproses untuk menghasilkan gambar penampang.

Teknik ini telah membantu mengungkap kondisi internal mata dengan akurasi tinggi, memungkinkan deteksi dini penyakit mata kritis seperti degenerasi makula, edema retina, dan pelepasan retina.

Sejak Dr. Fujimoto menerbitkan makalah penelitian awal tentang OCT pada tahun 1991, ia terus memimpin tim kolaboratif yang terdiri dari ilmuwan klinis dan insinyur elektronik untuk memperluas aplikasi teknologi ini.

Pada tahun 1993, mereka berhasil mendapatkan gambar retina manusia in vivo menggunakan OCT, yang kemudian mengarah pada peluncuran komersial oftalmoskop berbasis OCT pertama di dunia pada tahun 1996.

BACA JUGA:Astra Dukung Masa Depan Keuangan Berkelanjutan

BACA JUGA:Simak Fitur-fitur Keamanan Honda Stylo 160

Penghargaan Honda ini tidak hanya mengakui penemuan teknologinya, tetapi juga dampak besar OCT terhadap pengurangan beban pasien dan biaya medis.

Dengan hanya membutuhkan beberapa detik untuk melakukan diagnosis, OCT mempercepat proses pemeriksaan, memungkinkan dokter memberikan perawatan lebih cepat, serta mengurangi biaya medis.

Kategori :