Ikuti 8 Tips Ini Jika Ingin Cegah Stretck Mark Saat Hamil

Jumat 04-10-2024,14:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

Pastikan Anda mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin C, E, dan A, serta mineral seperti zinc dan silika yang baik untuk regenerasi sel kulit.

Sertakan buah dan sayuran seperti stroberi, jeruk, alpukat, wortel, bayam, dan brokoli. Perbanyak asupan protein seperti ikan, telur, dan kacang-kacangan untuk mendukung pembentukan kolagen.

3. Jaga Hidrasi dengan Minum Air yang Cukup

Konsumsi air yang cukup sangat penting untuk menjaga elastisitas kulit. Kulit yang terhidrasi dengan baik lebih elastis dan mampu menyesuaikan diri dengan perubahan bentuk tubuh tanpa menimbulkan stretch mark. 

Minum setidaknya 8 gelas air sehari dapat membantu menjaga kelembapan alami kulit. Minum lebih banyak air saat cuaca panas atau saat berolahraga.

Selain air putih, konsumsi jus buah atau infused water bisa menjadi pilihan menarik untuk menjaga hidrasi.

BACA JUGA:Minyak Kelapa Ampuh Cerahkan Kulit Wajah Makin Glowing

BACA JUGA:Bisa Dibeli di Apotek! Ini Dia Obat Pegal-pegal yang Cepat Hilangkan Nyeri

4. Lakukan Pijat Ringan pada Kulit

Memijat area perut, paha, dan payudara secara lembut dapat meningkatkan sirkulasi darah, yang membantu menjaga elastisitas kulit dan mengurangi risiko munculnya stretch mark. 

Gunakan minyak alami seperti minyak almond atau minyak kelapa saat memijat untuk memberikan nutrisi tambahan pada kulit.

Lakukan pijatan dengan gerakan memutar secara perlahan. Pastikan pijatan dilakukan dengan tekanan yang lembut agar tidak melukai kulit yang sensitif.

5. Kendalikan Penambahan Berat Badan Selama Kehamilan

Penambahan berat badan yang terlalu cepat dapat menyebabkan peregangan kulit yang lebih intens dan meningkatkan risiko stretch mark. 

BACA JUGA:Manfaat Terapi Musik yang Sangat Membantu untuk Penyembuhan

BACA JUGA:Ini Manfaat Pijat Refleksi yang Tidak Boleh Dianggap Sepele

Kategori :