Dapat Sebabkan Gangguan Mental, Inilah 10 Efek Sampung Kekurangan Air Putih yang Perlu Diwaspadai

Minggu 29-09-2024,12:43 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM - Air merupakan elemen penting yang dibutuhkan tubuh manusia untuk menjaga keseimbangan fisiologis dan kesehatan secara keseluruhan.

Hampir 60-70% tubuh manusia terdiri dari air, yang berperan dalam berbagai proses penting, seperti mengatur suhu tubuh, memperlancar metabolisme, mengangkut nutrisi, dan membuang limbah.

Dehidrasi dapat menimbulkan konsekuensi kesehatan yang serius, bahkan dalam jangka pendek, dan mempengaruhi fungsi tubuh.

Oleh karena itu, penting untuk memahami apa saja efek samping yang dapat terjadi akibat dehidrasi atau kekurangan air. Berikut beberapa efek samping yang dapat terjadi jika tubuh kekurangan air putih:

BACA JUGA:Tetap Sehat dan Bugar Mengonsumsi 11 Makanan Rendah Kalori Ini

BACA JUGA:Cara Membuat Pupuk Organik Cair dari Kulit Nanas

1. Dehidrasi

Ini adalah efek paling umum dan terjadi ketika tubuh tidak mendapat cukup cairan. 

Dehidrasi dapat menyebabkan mulut kering, kulit kering, pusing, sakit kepala, bahkan tekanan darah rendah. Dalam kasus yang lebih parah, dehidrasi bisa berakibat fatal karena memengaruhi fungsi organ vital.

2. Kelelahan dan penurunan energi

Air membantu mengangkut nutrisi dan oksigen ke seluruh sel dalam tubuh.

Jika kekurangan air, tubuh tidak dapat menjalankan proses metabolisme dengan baik sehingga menyebabkan penurunan energi dan munculnya rasa lelah, meskipun aktivitasnya tidak terlalu berat.

BACA JUGA:Cara Membuat Pupuk Organik Cair dari Kulit Nanas

BACA JUGA:Alami dari Sarang Lebah! Ini Manfaat Propolis untuk Kesehatan

3. Gangguan fungsi kognitif

Kategori :