Ini 5 Jenis, Penyebab, dan Ciri-ciri Ketombe yang Bisa Mengurangi Rasa Percaya Diri

Senin 30-09-2024,15:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM - Ketombe merupakan masalah kulit kepala yang sering dialami oleh banyak orang. Meskipun tidak berbahaya, ketombe bisa mengurangi rasa percaya diri karena munculnya serpihan putih yang terlihat di rambut atau pakaian. 

Ketombe terjadi ketika sel-sel kulit mati di kulit kepala terlepas dan menumpuk. Ada beberapa faktor yang memicu terjadinya ketombe, termasuk kebersihan kulit kepala, kondisi kulit, dan faktor lingkungan. 

Untuk mengatasi ketombe secara efektif, penting untuk memahami jenis-jenis ketombe yang ada dan penyebab di baliknya. Berikut informasi lebih lengkap yang bisa Anda ketahui. 

Jenis-Jenis Ketombe

1. Ketombe Kering

Ciri-ciri: Serpihan ketombe yang muncul biasanya kecil, halus, dan kering. Ketombe ini sering kali terlihat di rambut dan pakaian, terutama di bagian bahu. Kulit kepala mungkin terasa gatal dan kering, tetapi tidak berminyak.

BACA JUGA:Makanan Kenyal dan Sehat Asal Jepang, Inilah 7 Manfaat Konnyaku Untuk Kesehatan Tubuh

BACA JUGA:Ini Dia 7 Ciri dan Tanda Jika Bayi Alergi Pada Sabun Mandi

Penyebab:

Kulit kepala yang kering karena kurangnya kelembapan.

Mencuci rambut terlalu sering dengan sampo yang keras, yang bisa menghilangkan minyak alami kulit kepala.

Cuaca dingin atau kering yang bisa membuat kulit kepala lebih mudah kering.

Solusi: Gunakan sampo yang melembapkan dan perawatan yang menghidrasi kulit kepala. Hindari sampo yang mengandung bahan kimia keras yang bisa mengiritasi kulit kepala.

2. Ketombe Berminyak (Seborrheic Dermatitis)

Ciri-ciri: Serpihan ketombe berwarna kuning atau putih, lebih besar dan berminyak. Kulit kepala terasa berminyak, kemerahan, dan gatal. Ketombe jenis ini lebih parah dibandingkan ketombe kering.

Kategori :