Ini 7 Penyakit yang Menjadi Penyebab Sulit Hamil, PCOS Sering Tak Disadari

Senin 30-09-2024,18:32 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

Jaringan ini tetap berfungsi seperti jaringan endometrium normal selama siklus menstruasi, menyebabkan iritasi, pembentukan jaringan parut, dan peradangan.

Endometriosis dapat menyebabkan tuba falopi tersumbat atau rusak, yang menghalangi pertemuan sel telur dan sperma. Selain itu, peradangan yang disebabkan oleh endometriosis dapat mempengaruhi kualitas sel telur dan lingkungan rahim.

3. Gangguan Tiroid (Hipotiroidisme atau Hipertiroidisme)

Tiroid adalah kelenjar yang mengatur banyak fungsi tubuh melalui produksi hormon. Gangguan tiroid, baik hipotiroidisme (tiroid kurang aktif) atau hipertiroidisme (tiroid terlalu aktif), dapat memengaruhi keseimbangan hormon dalam tubuh.

Ketidakseimbangan hormon tiroid dapat mempengaruhi ovulasi dan siklus menstruasi, sehingga mengurangi peluang untuk hamil. Pada pria, gangguan tiroid juga dapat mempengaruhi produksi sperma.

BACA JUGA:10 Manfaat Alpukat untuk Ibu Hamil, dr Zaidul Akbar Bagikan Cara Mengkonsumsinya

BACA JUGA:Ingin Cuci Darah Secara Alami, dr Zaidul Akbar Bagikan Caranya

4. Penyakit Radang Panggul (Pelvic Inflammatory Disease / PID)

PID adalah infeksi pada organ reproduksi wanita yang biasanya disebabkan oleh infeksi menular seksual (IMS), seperti klamidia atau gonore. Infeksi ini dapat menyebabkan peradangan dan kerusakan pada tuba falopi, ovarium, dan rahim.

PID dapat menyebabkan jaringan parut pada tuba falopi, menghambat pergerakan sel telur menuju rahim dan mengurangi kemungkinan kehamilan. Jika tidak ditangani, PID dapat menyebabkan infertilitas permanen.

5. Fibroid Rahim

Fibroid adalah tumor jinak yang tumbuh di dalam atau sekitar rahim. Meskipun umumnya tidak bersifat kanker, fibroid dapat menyebabkan masalah pada reproduksi.

Fibroid besar dapat menghalangi tuba falopi, menghambat implantasi embrio, atau menyebabkan masalah struktural di dalam rahim, sehingga mengganggu kehamilan.

BACA JUGA:Ingin Cuci Darah Secara Alami, dr Zaidul Akbar Bagikan Caranya

BACA JUGA:Tanaman Liar Ini Ampuh Mengatasi Masalah Ginjal, dr Zaidul Akbar Bagikan Caranya

6. Gangguan Ovulasi

Kategori :