Ikuti 7 Cara Ini Jika Anda Ingin Menjaga Kesehatan Tulang untuk Cegah Osteoporosis

Selasa 08-10-2024,14:31 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

BACA JUGA:Apakah Penyakit GERD Bisa Sembuh? Ini Tandanya

3. Makan sayur

Sayuran merupakan salah satu sumber vitamin C terbaik yang dapat merangsang produksi sel pembentuk tulang. Selain itu, beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa efek antioksidan vitamin C dari sayuran mampu melindungi sel tulang dari kerusakan.

Konsumsi sayuran hijau dan kuning yang tinggi meningkatkan mineralisasi tulang pada masa kanak-kanak dan menjaga massa tulang pada orang dewasa.

4. Mengkonsumsi makanan kaya protein

Sudah bukan rahasia lagi kalau protein merupakan komponen utama penyusun struktur tulang. Protein dapat membentuk matriks tulang yang disebut kolagen dan memberikan kekuatan serta elastisitas pada tulang.

Protein juga diperlukan untuk sintesis protein lain yang terlibat dalam pertumbuhan dan perbaikan tulang. Oleh karena itu, peran protein sangat penting dalam membantu pembentukan sel-sel tulang baru, sehingga tulang dapat berkembang secara normal. Oke, Anda bisa makan daging tanpa lemak.

BACA JUGA:Ini Dia Ciri Ciri Penyakit Kista pada Wanita yang Belum Menikah

BACA JUGA:Apakah Penyakit GERD Bisa Sembuh? Ini Tandanya

5. Konsumsi suplemen yang mengandung kolagen

Kolagen merupakan protein yang berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang. Soalnya, ia bisa memberikan kekuatan, elastisitas, dan struktur pendukung untuk menopang berat badan dan menahan tekanan.

Selain itu, kolagen juga berperan dalam perbaikan dan pemeliharaan tulang. Ketika cedera atau kerusakan terjadi, kolagen membantu memperbaiki dan mempertahankan struktur dan kekuatannya.

6. Makan makanan yang mengandung magnesium dan zinc

Tentu saja Anda juga perlu mengonsumsi makanan yang mengandung magnesium dan zinc untuk menjaga kesehatan tulang. Memang magnesium dapat memperlancar penyerapan dan pemanfaatan kalsium oleh tulang.

Jika tubuh Anda kekurangan magnesium, kalsium mungkin tidak dapat diserap secara efektif. Demikian pula, seng diperlukan untuk pembentukan kolagen.

BACA JUGA:Penyebab Pikun di Usia Muda yang Harus Kamu Hindari!

Kategori :