7 Cara Berikut, Ampuh Hempas Kulit Kering dan Bersisik

Senin 23-09-2024,15:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM - Apakah kamu mengalami kulit kering bersisik? Kulit kering bersisik adalah kondisi kulit pecah-pecah yang terjadi karena lapisan luar kulit yang disebut epidermis muka mengelupas. 

Kondisi ini juga dikenal dengan sebutan deskuamasi. Kondisi ini bisa terjadi saat mengalami cedera atau kondisi medis tertentu yang merusak lapisan epidermis.

Selain itu, kulit kering bersisik biasanya menimbulkan rasa gatal dan kemerahan. Lantas, bagaimana cara mengatasinya? Simak artikel ini sampai habis ya untuk tahu jawabannya.

1. Hidrasi yang Cukup

Pastikan untuk mengonsumsi cukup air setiap hari. Air membantu menjaga kelembapan kulit dari dalam.

Gunakan pelembap yang kaya akan bahan-bahan seperti ceramide, hyaluronic acid, gliserin, atau minyak alami (misalnya minyak kelapa atau minyak zaitun). Aplikasikan pelembap setelah mandi ketika kulit masih lembap.

BACA JUGA:Ampuh Sembuhkan Kecing Manis, Stroke dan Darah Tinggi, dr Zaidul Akbar Bagikan Obat Herbalnya

BACA JUGA:Kenali 9 Manfaat Air Rebusan Kacang Hijau Untuk Kesehatan

2. Mandi dengan Benar

Mandi dengan air panas dapat menghilangkan minyak alami pada kulit. Gunakan air hangat suam-suam kuku. Cobalah untuk tidak mandi terlalu lama (maksimal 10-15 menit).

Pilih sabun yang tidak mengandung pewangi keras atau alkohol. Sabun yang terlalu keras bisa memperburuk kekeringan kulit.

Oleskan pelembap segera setelah mandi: Saat kulit masih lembap, pelembap akan lebih mudah terserap.

3. Perawatan Kulit

Kulit bersisik sering kali disebabkan oleh penumpukan sel kulit mati. Gunakan scrub lembut atau produk dengan asam salisilat atau asam laktat sekali atau dua kali seminggu untuk mengangkat sel kulit mati, tetapi jangan berlebihan karena bisa menyebabkan iritasi.

Ada beberapa produk, terutama yang mengandung pewangi, alkohol, atau retinoid kuat, bisa menyebabkan kulit semakin kering.

Kategori :