7 Cara Berikut, Ampuh Hempas Kulit Kering dan Bersisik

Senin 23-09-2024,15:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

BACA JUGA:Inilah 7 Makanan Penyebab Jerawat yang Harus Dihindari

BACA JUGA:Sudah Berusia 40 Tahun, dr Zaidul Akbar Sarankan Rajin Konsumsi Ini, Bagus untuk Jantung dan Ginjal

4. Lingkungan

Udara yang kering, terutama saat cuaca dingin atau di ruangan ber-AC, bisa memperburuk kondisi kulit kering. Humidifier membantu menambah kelembapan di udara.

Anda dapat menggunakan pakaian yang terbuat dari bahan alami seperti katun dan hindari kain sintetis atau wol yang bisa mengiritasi kulit.

5. Makanan yang Mendukung Kesehatan Kulit

Konsumsi makanan yang kaya akan asam lemak omega-3 seperti ikan berlemak (salmon, sarden), kacang-kacangan, dan biji rami. Omega-3 membantu menjaga lapisan lemak di bawah kulit tetap sehat.

Makanan kaya vitamin E (seperti almond, biji bunga matahari, dan alpukat) bisa membantu melembapkan dan melindungi kulit. 

BACA JUGA:5 Cara Hidup Sehat Tanpa Obat, Simak Penjelasan dr Zaidul Akbar Berikut Ini

BACA JUGA:Ternyata Air Ini Sakti, Cukup Teteskan di Mata, Dr Zaidul Akbar: Mata Akan Sehat

Ada juga vitamin C juga dapat Anda penuhi. Vitamin ini penting untuk produksi kolagen dan kesehatan kulit secara keseluruhan. Konsumsi sayuran berwarna oranye (seperti wortel dan ubi jalar) serta buah-buahan jeruk dan sayuran hijau.

6. Gunakan Pelembab 

Pilih pelembap yang dirancang khusus untuk kulit kering, misalnya krim yang mengandung urea atau laktat. Untuk kasus yang sangat kering, salep berbasis petrolatum atau lanolin bisa mengunci kelembapan dengan lebih baik.

7. Konsultasi dengan Dokter

Jika kulit kering Anda disertai dengan rasa gatal yang parah, peradangan, atau tidak kunjung membaik meskipun sudah menggunakan perawatan di rumah, sebaiknya konsultasikan ke dokter kulit.

Anda mungkin membutuhkan perawatan khusus, seperti krim steroid atau obat untuk mengatasi masalah kulit yang lebih serius seperti eksim atau psoriasis.

Kategori :