Bisa Ganggu Aktivitas Harian, Inilah Penyebab dan Jenis Gangguan Kesehatan Saat Menstruasi

Senin 23-09-2024,14:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

1. Pendarahan menstruasi yang banyak

Pendarahan dapat dianggap berat jika mengganggu aktivitas normal. Sekitar 1 dari 5 wanita mengalami pendarahan berlebihan saat menstruasi sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari.

Kondisi ini bisa disebabkan oleh ketidakseimbangan hormonal, kondisi medis tertentu seperti masalah tiroid, ginjal, liver dan lain-lain dan juga bisa disebabkan oleh kelainan struktur rahim.

2. Tidak mendapat menstruasi (amenore)

Bila seorang wanita tidak mendapat haid sama sekali maka keadaannya disebut amenore. Jika kondisi ini terjadi pada wanita berusia 16 tahun yang tidak mengalami menstruasi, kemungkinan besar disebabkan oleh adanya masalah pada sistem endokrin sehingga menyebabkan gangguan hormonal.

Selain itu, kondisi ini juga bisa disebabkan oleh berat badan yang rendah. Sedangkan jika hal ini terjadi pada wanita yang sebelumnya menstruasinya teratur namun tiba-tiba tidak menstruasi selama 3 bulan, bisa jadi hal tersebut disebabkan oleh adanya masalah pada kadar estrogen.

BACA JUGA:Tanpa Obat-obatan, Begini Cara Ampuh Atasi Keputihan

BACA JUGA:10 Mix and Match Atasan Wanita dengan Celana Kerja Wanita dari 9 to 12 yang Stylish

3. Dismenore (dismenore)

Beberapa wanita mengalami kram menstruasi. Wajar jika rasa sakitnya ringan. Sedangkan jika nyerinya hebat dan terjadi terus menerus, kondisi ini disebut dengan dismenore. Penyebabnya karena kontraksi rahim saat menstruasi.

4. Sindrom pramenstruasi (PMS)

Ini adalah salah satu gangguan menstruasi yang paling umum terjadi. PMS sendiri mencakup banyak gejala psikologis dan fisik. Sekitar 40 persen wanita pernah mengalami gejala PMS yang cukup parah.

Beberapa gejala PMS adalah sakit kepala, kembung, nyeri dada, kelelahan, kecemasan, perubahan mood bahkan depresi.

Gejala-gejala ini mungkin dimulai seminggu sebelum menstruasi Anda dan secara bertahap akan membaik setelah menstruasi Anda tiba atau setelah menstruasi Anda berakhir.

BACA JUGA:Ini Dia 5 Cara Ampuh Atasi Telat Datang Bulan: Bisa Makan Nanas dan Pepaya Muda

BACA JUGA:Simak 5 Cara Menjaga Membersihkan Vagina Dengan Benar

Kategori :