Inilah Penyebab dan Jenis Benjolan di Pergelangan Tangan

Selasa 08-10-2024,20:35 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM - Benjolan di pergelangan tangan sering kali menimbulkan kekhawatiran, meski banyak di antaranya tidak berbahaya.

Jenis-jenis benjolan ini bisa berbeda-beda penyebab dan karakteristiknya. Beberapa jenis benjolan mungkin muncul akibat kista, cedera, atau kondisi kesehatan tertentu. 

Mengenali jenis benjolan dengan benar adalah langkah awal yang penting untuk menentukan apakah memerlukan perhatian medis lebih lanjut atau tidak.

Ada beberapa jenis pelampiasan pergelangan tangan. Biasanya massa tersebut tidak berbahaya dan disebabkan oleh kista atau lipoma yang tidak menimbulkan gejala, termasuk nyeri.

BACA JUGA:Myasthenia Gravis! Jenis Penyakit Autoimun yang Mudah Menyerang Wanita

BACA JUGA:Gempa M 4,9 Guncang Kabupaten Bandung, Sejumlah Bangunan Rusak

Namun pengujian untuk mengetahui penyebab pembengkakan pergelangan tangan tetap diperlukan. Berikut beberapa kondisi yang dapat menyebabkan pembengkakan pada pergelangan tangan.

1. Kista Ganglion

Kista ganglion adalah salah satu penyebab paling umum dari pelampiasan pergelangan tangan. Benjolan yang disebabkan oleh kista ganglion dapat berkembang di sepanjang tendon dan sendi pergelangan tangan.

Selain di pergelangan tangan, kista ganglion juga bisa ditemukan di bagian tubuh lain seperti kaki, terutama pergelangan kaki.

Kista ganglion dapat bervariasi ukurannya, mulai dari sebesar kacang polong hingga sebesar bola golf.

BACA JUGA:Makanan untuk Penderita Tipes Bisa Bantu Tambah Energi!

BACA JUGA:Tips Hidup Sehat untuk Menjaga Kadar Asam Urat Normal

Kebanyakan kista ganglion dapat hilang dengan sendirinya sehingga tidak memerlukan pengobatan khusus. Namun, jika kista ganglion menimbulkan rasa sakit bahkan mengganggu aktivitas, dokter mungkin akan mengeluarkan cairan atau melakukan operasi pengangkatan kista.

2. Lipoma

Kategori :