Bolehkan Berbuat Adil Kepada Non-Muslim, Berikut Penjelasan Ustaz Abdul Somad

Selasa 17-09-2024,06:00 WIB
Reporter : Ari Apriko
Editor : Ari Apriko

BENGKULUEKSPRESS.COM- Hubungan antar sesama manusia merupakan salah satu cerminan dari kehidupan sosial.

Selain membawa berbagai manfaat, ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi terjalinnya komunikasi yang baik, salah satunya adalah dengan menjaga silaturahmi yang erat, baik di antara individu maupun kelompok.

Hubungan yang terjalin dapat memberikan dampak positif atau negatif. Dampak positif termasuk kedamaian dan kerja sama, sementara contoh dampak negatif adalah munculnya permusuhan, konflik yang tak kunjung selesai, serta saling hegemoni di antara pihak-pihak yang terlibat.

BACA JUGA:Agar Dimurahkan Rezeki, Panjang Umur dan Sehat, Ustaz Abdul Somad Bagikan Tipsnya

BACA JUGA:Pesan Penting tentang Keyakinan dan Usaha dalam Menjemput Rezeki, Ustaz Abdul Somad: Rezeki Tak Tertukar

Contoh positif lain dalam hubungan antar sesama adalah dengan menjalin ukhuwah Islamiah yang benar, menjaga silaturahmi, serta menerapkan adab-adab yang sesuai.

Hubungan antar manusia akan semakin kokoh jika didasari oleh dorongan hati nurani yang baik.

Terkait hubungan harmonis dengan mereka yang berbeda agama, Ustaz Abdul Somad memberikan penjelasan mendalam tentang cara menyikapinya dalam pandangan Islam, yang menekankan pentingnya toleransi dan kedamaian.

Hal tersebut disampaikan Ustaz Abdul Somad dalam suatu ceramah yang videonya diunggah oleh kanal Youtube Ustadz Abdul Somad Official.

"Selama mereka Gak ngusir kamu, mereka ga ngebunuh kamu, maka kamu balas dia dengan berbuat baik dan bersikap adil," kata Ustaz Abdul Somad.

Hal tersebut sebagaimana firman Allah SWT dalam Al Qur'an surah Al Maidah ayat 8 yang artinya:

BACA JUGA:Selalu Merasa Pintu Rezeki Tertutup, Ustaz Abdul Somad Bagikan Cara Membukanya

BACA JUGA:Pusing Karena Banyak Hutang, Amalkan Amalan Ini, Ustaz Abdul Somad: Insya Allah Rezeki Lancar dan Hutang Lunas

"Hai orang-orang yang beriman hendaklah kamu jadi orang-orang yang selalu menegakkan (kebenaran) karena Allah, menjadi saksi dengan adil. Dan janganlah sekali-kali kebencianmu terhadap suatu kaum, membuatmu berlaku tidak adil,".

Dalil ini menegaskan bahwa selama seseorang bersikap adil, maka mereka tidak akan menjadi sasaran ujaran kebencian.

Kategori :