Ini Dia 5 Manfaat Minyak Kelapa untuk Kesehatan Gigi

Jumat 13-09-2024,12:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

Salah satu penyebab bau mulut atau bau mulut adalah buruknya kebersihan mulut. Kondisi ini akan menyebabkan penumpukan bakteri sehingga berdampak pada kesehatan mulut.

Kandungan monolaurin pada minyak kelapa terbukti mampu menghambat pertumbuhan bakteri mulut hingga mengatasi bau mulut.

4. Memutihkan gigi

Minyak kelapa tidak dapat digunakan langsung untuk memutihkan gigi. Namun minyak kelapa efektif membunuh bakteri dan mencegah kerusakan gigi. Artinya, cairan ini juga mencegah perubahan warna gigi yang menyertai kondisi ini.

Meski tidak bisa dijadikan pengobatan tunggal, berkumur dengan minyak kelapa akan membuat Anda merasa lebih baik.

BACA JUGA:Waspada Gangguan Kesehatan Serius, Simak 8 Penyebab Nyeri Leher yang Sering Terjadi

BACA JUGA:Minuman Agar Terbebas dari Penyakit Paru-paru, dr Zaidul Akbar Bagikan Resepnya

5. Mengurangi risiko radang gusi

Bakteri yang terkandung dalam plak gigi tidak hanya menyebabkan masalah pada gigi tetapi juga pada gusi. Gingivitis (gingivitis) ditandai dengan gusi lunak, merah, bengkak, dan terkadang berdarah.

Dengan mengekstraksi minyak kelapa, Anda dapat mengurangi radang gusi. Faktanya, minyak kelapa bisa berperan seperti klorheksidin, bahan antiseptik pada obat kumur.

Minyak kelapa bahkan tidak menimbulkan efek samping seperti perubahan warna gigi, alergi atau iritasi seperti yang ditimbulkan oleh klorheksidin.

Minyak kelapa mulai bekerja pada hari ketujuh setelah pemakaian rutin dan sembuh total pada hari ke 30. 

Itulah manfaat minyak kelapa untuk kesehatan gigi. Dengan kemampuannya untuk melawan bakteri berbahaya, minyak kelapa juga dapat membantu mengurangi risiko infeksi mulut dan menjaga nafsu makan serta kebersihan mulut secara keseluruhan. 

Kategori :