Ketahui 5 Pilihan Makanan Penetral setelah Mengonsumsi Olahan Daging

Jumat 13-09-2024,11:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM - Konsumsi daging yang berlebihan, terutama daging merah dan olahan, dapat menimbulkan beberapa efek negatif bagi kesehatan. 

Salah satu efeknya adalah peningkatan asam lambung, kolesterol, serta risiko peradangan dalam tubuh. Oleh karena itu, mengombinasikan daging dengan makanan yang bersifat menetralkan atau membantu pencernaan sangat dianjurkan.

Makanan penetral daging mengacu pada jenis makanan yang membantu tubuh mencerna daging dengan lebih baik, mengurangi efek samping negatif, serta menyeimbangkan kelebihan asam atau lemak yang sering terkandung dalam daging.

Makanan ini biasanya kaya serat, antioksidan, dan senyawa yang mendukung fungsi pencernaan. 

BACA JUGA:Ternyata Menu Sarapan Paling Sehat di Dunia Ada di Indonesia, Berikut Penjelasan dr Zaidul Akbar

BACA JUGA:Minuman Agar Terbebas dari Penyakit Paru-paru, dr Zaidul Akbar Bagikan Resepnya

Dengan memasukkan makanan penetral ke dalam hidangan berbasis daging, kita tidak hanya meningkatkan rasa makanan, tetapi juga menjaga keseimbangan nutrisi dan mendukung kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Berikut ini beberapa makanan dan minuman untuk penawar setelah makan daging sapi, kambing, dan sebagainya. 

1. Makanan Mengandung Prebiotik

Konsumsi prebiotik secara teratur berpotensi membantu menyeimbangkan kesehatan pencernaan. Selain itu, prebiotik meningkatkan bakteri usus yang dapat mendukung sistem kekebalan tubuh.

Fungsi prebiotik lainnya adalah melancarkan pencernaan setelah makan daging. Anda bisa mengonsumsi secangkir yogurt sebagai minuman setelah makan daging. Sumber prebiotik lainnya adalah tempe, oncom atau tauco.

BACA JUGA:Kenali 5 Penyebab Gigi Hitam pada Anak, No. 5 Bisa Disebabkan Karena Trauma

BACA JUGA:Minuman Agar Terbebas dari Penyakit Paru-paru, dr Zaidul Akbar Bagikan Resepnya

2. Buah

Mengonsumsi buah membantu mencukupi kebutuhan vitamin, mineral, dan serat bagi tubuh sehingga proses pencernaan berjalan lebih lancar. Mengonsumsi daging berlemak tanpa makanan berserat lainnya bisa menyebabkan sembelit.

Kategori :