Ingin Jamur Tetap Sehat dan Bermanfaat Saat Dikonsumsi? Berikut Cara yang Tepat Untuk Mengolahnya

Kamis 12-09-2024,18:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

2. Cuci jamur sebelum diolah.

Ingatlah untuk mencuci jamur yang dibeli sebelum dimasak. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan bakteri, kuman atau kotoran yang mungkin ada pada jamur.

Namun, hindari mencuci jamur dengan cara merendamnya. Menurut Center for Food Safety, merendam jamur dapat meningkatkan kandungan air pada jamur.

Hal ini dapat menyebabkan bakteri berkembang biak, terutama jika jamur dibiarkan dalam suhu ruangan dalam jangka waktu lama. Sebaiknya cuci jamur yang akan Anda gunakan dengan air bersih mengalir, lalu masukkan ke dalam wadah bersih.

BACA JUGA:Ketahui, 5 Jenis Vitamin yang Dibutuhkan Tubuh Setiap Hari

BACA JUGA:Kenali 5 Penyebab Gigi Hitam pada Anak, No. 5 Bisa Disebabkan Karena Trauma

3. Memilih cara memasak yang tepat

Salah satu cara memasak jamur yang benar tanpa kehilangan kandungan nutrisinya adalah dengan memanggangnya. 

Hal ini disebutkan dalam penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Food Science and Nutrition. Dalam penelitian ini, kandungan antioksidan pada jamur bertahan dengan baik jika dimasak di atas panggangan atau di microwave.

Memang benar memasak jamur dengan suhu tinggi, seperti memanggang, dapat menyebabkan reaksi Maillard. Reaksi ini dapat meningkatkan aktivitas antioksidan jamur.

4. Hindari menggoreng jamur

Beberapa orang terkadang mengolah jamur dengan cara menggorengnya dan melapisinya dengan tepung agar teksturnya lebih baik.

BACA JUGA:Ampuh Melenyapkan Sihir dan Racun, dr Zaidul Akbar Sarankan Makan 7 Butir Buah Ini

BACA JUGA:Minuman Agar Terbebas dari Penyakit Paru-paru, dr Zaidul Akbar Bagikan Resepnya

Namun menggoreng resep jamur tidak disarankan. Alasannya, menggoreng dapat menurunkan jumlah protein dan karbohidrat pada jamur serta justru meningkatkan jumlah lemak dan kalori.

Kebiasaan mengonsumsi gorengan dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular. Saat memasak jamur, sebaiknya perhatikan juga bahan yang digunakan. Hindari mengonsumsi terlalu banyak gula dan garam karena dapat berbahaya bagi kesehatan Anda.

Kategori :