Ketahui, 5 Jenis Vitamin yang Dibutuhkan Tubuh Setiap Hari

Selasa 10-09-2024,17:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

Vitamin C termasuk dalam kelompok vitamin yang larut dalam air. Tubuh tidak dapat memproduksi dan menyimpan vitamin C sendiri. Oleh karena itu, Anda harus memenuhi kebutuhan vitamin C harian melalui pola makan.

Sejak pandemi, banyak orang yang kerap mengonsumsi vitamin C. Faktanya, vitamin C memiliki kemampuan untuk meningkatkan daya tahan tubuh sehingga terhindar dari berbagai penyakit.

Manfaat vitamin C lainnya antara lain mencegah kekurangan zat besi, mengontrol tekanan darah, dan menjaga kesehatan kulit. 

4. Vitamin D

Kesehatan tulang penting untuk diperhatikan, terutama jika Anda beraktivitas. Untuk menjaga tulang tetap kuat, Anda perlu memperhatikan asupan vitamin D.

BACA JUGA:Kenali 10 Penyebab Kucing Demam, Mulai dari Dehidrasi Hingga Peradangan Paru-paru

BACA JUGA:Kenali 10 Tanda Pasangan Selingkuh, Insting yang Kuat Bisa Jadi Tandanya

Vitamin D dapat membantu penyerapan kalsium dalam tubuh, mencegah kerapuhan, serta menjaga kesehatan gigi dan tulang. Beberapa sumber vitamin D yang baik untuk tubuh berasal dari ikan, susu, minyak ikan, kuning telur, dan sereal.

Kebutuhan vitamin D setiap orang bergantung pada usia dan faktor lainnya. Untuk orang dewasa, batas asupan yang dianjurkan adalah 600 IU.

5. Vitamin K

Vitamin K adalah kelompok vitamin yang larut dalam lemak, penting untuk berbagai fungsi tubuh, terutama dalam pembekuan darah dan kesehatan tulang. 

Vitamin K sangat penting dalam proses pembekuan darah. Tanpa vitamin ini, tubuh tidak bisa menghasilkan protein prothrombin, yang dibutuhkan untuk pembekuan darah dan penyembuhan luka.

BACA JUGA:Terkait dengan Rezeki yang Kita Terima, Ustazah Halimah Alaydrus Tekankan Ini

BACA JUGA:Pilihan Obat Herbal Asma Bronkial yang Aman dan Efektif

Biasanya, kebutuhan vitamin K dapat dipenuhi melalui diet. Namun, dalam beberapa kasus, suplemen mungkin direkomendasikan, terutama bagi mereka yang memiliki kondisi medis tertentu yang memengaruhi penyerapan vitamin ini atau mereka yang mengonsumsi obat yang mengganggu metabolisme vitamin K, seperti warfarin. (Sumber: Neurobion)

Itulah beberapa vitamin yang sebaiknya Anda penuhi setiap hari. Dengan memenuhi berbagai kebutuhan vitamin untuk tubuh, maka Anda akan hidup dengan lebih sehat. 

Kategori :