Kenali 10 Penyebab Kucing Demam, Mulai dari Dehidrasi Hingga Peradangan Paru-paru

Sabtu 07-09-2024,17:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM - Kesehatan kucing adalah aspek penting bagi setiap pemilik hewan peliharaan, dan salah satu tanda kesehatan yang sering mengkhawatirkan adalah demam. 

Meskipun kucing tidak selalu menunjukkan gejala demam dengan cara yang sama seperti manusia, adanya demam bisa menjadi indikator bahwa tubuhnya sedang berjuang melawan infeksi atau masalah kesehatan lainnya. 

Memahami penyebab demam pada kucing sangat penting untuk menentukan langkah-langkah perawatan yang tepat dan memastikan kesejahteraan mereka.

Demam pada kucing bisa disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari infeksi bakteri atau virus, gangguan sistem kekebalan tubuh, hingga kondisi medis yang lebih serius. Ada beberapa hal yang menjadi penyebab kucing demam. Beberapa penyebab itu di antaranya adalah sebagai berikut 

BACA JUGA:Ini Dia 7 Permasalah Motor Matic yang Sering Terjadi

BACA JUGA:Ini Dia Tips Mengkuti dan Memilih Motor Bekas pada Acara Lelang

1. Dehidrasi

Demam kucing bisa terjadi ketika tubuh kekurangan air atau dehidrasi. Selain itu, Saat dehidrasi, kucing Anda juga akan terlihat sangat lemah, makan lebih sedikit, dan cenderung ingin tidur sepanjang hari. 

Jika dehidrasinya parah, mata kucing Anda mungkin menjadi kering dan cekung, serta ia mungkin lebih jarang buang air kecil. Dehidrasi pada kucing memerlukan penanganan segera oleh dokter hewan karena dapat berbahaya bagi kesehatannya.

2. Infeksi Saluran Kemih

Penyakit ini terjadi ketika bakteri berkembang biak di saluran kemih dan menimbulkan infeksi. 

Saat menderita kondisi ini, kucing akan terlihat lemas, menangis, dan buang air kecil lebih sering atau buang air kecil sembarangan. Selain itu, infeksi saluran kemih terkadang dapat menyebabkan demam pada kucing.

BACA JUGA:Ini Dia Tips Mengkuti dan Memilih Motor Bekas pada Acara Lelang

BACA JUGA:Mobil Serbaguna, Ini Dia Spesifikasi Honda Mobilio 2020 yang Masih Diminati Hingga Kini

3. Keracunan

Kategori :