Hama Menghambat Pertumbuhan Tanaman, Ini 5 Bahan Dapur yang Ampuh Mengatasinya

Sabtu 07-09-2024,10:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM - Hama merupakan hal yang menyusahkan bagi pemilik tanaman, baik bagi petani, bagi pemilik taman dan bagi orang yang mempunyai hobi memiliki tanaman hias. 

Selain menggunakan produk kimia yang sering kali mahal dan berpotensi berbahaya, banyak bahan dapur yang biasa ditemukan di rumah dapat digunakan sebagai solusi alami untuk mengusir hama. 

Bahan-bahan ini tidak hanya efektif, tetapi juga lebih ramah lingkungan dan lebih aman untuk keluarga dan hewan peliharaan.

Ada beberapa cara yang dilakukan untuk mengatasi hama, salah satunya adalah dengan menggunakan obat pembasmi hama tanaman.

BACA JUGA:Tips Mengencangkan Bokong dengan Senam dan Manfaatnya

BACA JUGA:Kenali Manfaat Wedang Ronde untuk Kesehatan dan Cara Pembuatannya

Nah, Artikel kali ini akan membahas beberapa obat pembasmi hama tanaman alami tanpa pestisida kimia yang berbahaya bagi lingkungan.

1. Bawang Putih

Bahan pertama yang bisa Anda coba adalah  bawang putih. Obat alami yang berasal dari bahan dapur yang pertama adalah bawang putih. 

Bawang putih sangat bermanfaat dalam melindungi tanaman dari berbagai hama. Bawang putih bahkan mengandung allicin, senyawa dengan sifat antibakteri dan antijamur.

Cara menggunakan bawang putih juga sederhana, Anda hanya perlu menyiapkan beberapa siung bawang putih dan mencampurkannya dengan air. 

BACA JUGA:Sebaiknya Konsumsi Roti Tawar Putih Dibatasi! Ini Alasanya

BACA JUGA:Minuman Isotonik! Benarkah Teman yang Tepat Saat Berolahraga?

Setelah selesai, saring hingga diperoleh cairan bersih. Setelah berhasil, tinggal gunakan botol semprot untuk menyemprotkan obat pada tanaman.

2. Garam Epson

Kategori :