Ketahui 10 Penyebab dan Gejala Bulu Kucing Rontok Parah

Kamis 05-09-2024,16:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

Infeksi kurap dapat menyebabkan bulu kucing rontok di bagian tertentu. Kucing bisa tertular kurap dari spora jamur yang dapat bertahan hidup di suatu benda hingga dua minggu.

Jika Anda mencurigai kucing kesayangan menderita kurap, jangan bersentuhan dengan area yang terinfeksi, karena manusia juga bisa tertular.

7. Bekas luka

Bekas luka pada kucing akibat luka gigitan atau cakaran sehabis bertengkar, sangat mungkin menjadi faktor penyebab bulu kucing rontok. Bahkan, ada kemungkinan bagian luka itu mengalami kebotakan permanen.

BACA JUGA:Lumpia Basah Rendah, Makanan yang Cocok untuk Menu Selingan Saat Diet!

BACA JUGA:Rutin Minum Teh Bisa Cegah Penyakit Jantung Lho!

8. Masalah Tiroid

Tiroid merupakan penyakit yang cukup umum menyerang kucing. Salah satu gejala dari masalah ini adalah kerontokan bulu.

Masalah tiroid yang bisa dialami kucing yakni Hipertiroidisme dan Hipotiroidisme. Hipertiroidisme merujuk pada tiroid yang terlalu aktif, sementara hipotiroidisme dapat diartikan sebagai tiroid yang kurang aktif.

Gejala lainnya dari masalah tiroid ini adalah penurunan berat badan yang tiba-tiba dan ekstrem atau kenaikan berat badan, peningkatan rasa haus, atau perubahan perilaku seperti hiperaktif atau kurang aktif.

9. Alopecia Universalis

Alopecia Universalis adalah suatu kondisi yang menyebabkan kucing terlahir tidak berbulu. Meski beberapa ras kucing memiliki ciri kulit tidak berbulu, namun terdapat mutasi genetik yang menyebabkan kebotakan terjadi pada semua ras kucing.

BACA JUGA:Lumpia Basah Rendah, Makanan yang Cocok untuk Menu Selingan Saat Diet!

BACA JUGA:Cara Mudah Terhindar dari Obesitas, dr Zaidul Akbar Bagikan Resep Diet Sederhana Tanpa Obat

10. Hipotrikosis herediter

Hipotrikosis herediter adalah suatu kondisi dimana kucing dilahirkan dengan bulu tipis yang kemudian rontok seluruhnya seiring berjalannya waktu. Hal ini paling sering terlihat pada kucing Siam, kucing Devon Rex, kucing Burma dan kucing Burma.

Itulah beragam penyebab kerontokan pada bulu kucing. Dengan mengetahui dan memahami penyebabnya Anda dapat mengatasinya dengan melakukan perawatan yang tepat pada kucing kesayangan. 

Kategori :