6 Amalan Ringan Penghapus Dosa, Mudah Dikerjakan, Namun Berat Timbangannya

Selasa 03-09-2024,05:00 WIB
Reporter : Ari Apriko
Editor : Ari Apriko

BENGKULUEKSPRESS.COM- Setiap manusia tidak lepas dari kesalahan dan dosa. Setiap orang pasti pernah berbuat salah yang mengarah pada dosa, baik itu dosa kecil maupun besar.

Dalam kehidupan sehari-hari, seringkali kita dengan mudah melakukan dosa-dosa kecil seperti terlambat memenuhi janji, berkata kasar, berbicara berlebihan, mengejek orang lain, dan sebagainya.

Sementara itu, dosa-dosa besar yang dilakukan manusia mencakup tindakan seperti pembunuhan, meninggalkan shalat wajib, tidak membayar zakat, durhaka kepada orang tua, memutuskan silaturahmi, berzina, dan lain-lain.

BACA JUGA:Ingin Dosa Dihapuskan, Semua Hajat Dikabulkan, Syekh Ali Jaber: Amalkan 4 Amalan Ini di Hari Jumat

BACA JUGA:Meskipun Banyak Dosa dan Maksiatnya, Namun Doa Seperti Ini Pasti akan Dikabulkan Allah SWT

Namun, seberapa besar pun kesalahan yang dilakukan manusia, Allah SWT memiliki sifat Maha Pengampun dan selalu menerima taubat dari hamba-hamba-Nya. Allah SWT mencintai hamba yang bertaubat dan memohon ampun kepada-Nya.

Namun, ketika seorang hamba memohon ampun kepada Allah SWT, ia harus memiliki keyakinan dan kepercayaan bahwa Allah SWT adalah Maha Penerima Taubat, serta berkomitmen untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama di masa mendatang.

Dalam suatu video yang diunggah oleh kanal Youtube NASIHAT ISLAM TV, dijelaskan beberapa amalan ringan yang bisa menghapus dosa besar dan mendapatkan istana di surga.

Amalan-amalan tersebut adalah:

1. Istighfar

Mengucapkan Astagfirullahal adzim satu kali dapat menghapus dosa selama 70 tahun.

Jika kita mengucapkan istighfar secara terus-menerus selama satu menit, ini akan sangat memberatkan timbangan amal kebaikan kita di hari kiamat nanti.

Misalnya, jika dalam satu detik kita bisa mengucapkan Astagfirullahal adzim satu kali, maka dalam satu menit kita bisa mengucapkannya sebanyak 60 kali.

BACA JUGA:Bisa Menghapus Dosa Satu Keluarga, Ustaz Adi Hidayat: Baca Ayat Ini Usai Sholat Tahajud

BACA JUGA:Perbuatan Ini Ternyata Termasuk Dosa Besar, Ustaz Khalid Basalamah: Azabnya Sangat Pedih

Kategori :