Berdampak Cepat Pada Kerusakan Mobil, Ketahui 7 Penyebab Bensin Mobil Suka Boros

Senin 02-09-2024,12:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

6. Filter udara kotor

Filter udara yang kotor dapat menyebabkan masalah konsumsi bahan bakar. Ketika sistem filter udara tersumbat oleh kotoran, maka aliran udara menuju mesin akan terhambat. 

Akibatnya mesin yang kekurangan udara bersih harus bekerja lebih keras untuk membakar bahan bakar dan pada akhirnya menyebabkan konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros.

BACA JUGA:Tak Perlu Repot Ke Bengkel, Begini Cara Cas Aki Mobil yang Bisa Dicoba di Rumah

BACA JUGA:Yamaha Luncurkan NMAX Tercanggih, Simak Spesifikasi dan Harganya

7. Kebocoran gas buang

Kebocoran gas buang dapat menjadi salah satu penyebab meningkatnya konsumsi bahan bakar. Karena kebocoran ini, mesin harus bekerja lebih keras untuk mencapai performa yang diinginkan.

Selain itu, kebocoran juga dapat mengganggu sensor oksigen yang bertugas mengatur campuran udara dan bahan bakar di dalam mesin sehingga menyebabkan tidak efektifnya bahan bakar.

8. Tidak rutin mengganti oli

Pemilik mobil yang malas mengganti oli mobil akan mendapat dampak buruk dari banyak sisi. Salah satu dampak negatifnya adalah peningkatan konsumsi bahan bakar.

Faktanya, oli pelumas yang sudah digunakan terlalu lama tidak lagi efektif melumasi mesin.

BACA JUGA:Alarm Mobil Suka Berbunyi dan Mengganggu? Ini Dia Penyebab dan Cara Mengatasinya

BACA JUGA:Tidak Cepat Rusak dan Tahan Lama, Ini Dia 6 Alasan Mengapa Suku Cadang Motor Harus Asli

Itulah beberapa penyebab mengapa bensin mobil boros. Dengan memahami penyebab-penyebab umum ini, Anda dapat melakukan perawatan yang diperlukan untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar dan mengurangi pengeluaran operasional kendaraan.

Kategori :