Bencoolen Fest: Cerito Kopi dan Teh Bengkulu Siap Digelar, Hadirkan Kompetisi dan Diskusi Seputar Kopi

Rabu 28-08-2024,16:59 WIB
Reporter : Tri Yulianti
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM - Bank Indonesia Provinsi Bengkulu dalam waktu dekat akan menggelar event menarik yang tentunya akan menampilkan kekayaan alam Bengkulu seperti kopi dan teh.

Event ini bertajuk Bencoolen Fest: Cerito Kopi dan Teh Bengkulu akan digelar pada 31 Agustus hingga 1 September 2024 mendatang. 

Kepala Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia, Darjana mengungkapkan, event ini menjadi ajang penting bagi para pecinta kopi dan teh di Bengkulu. 

Pasalnya festival ini akan menampilkan berbagai kompetisi dan diskusi menarik yang berfokus pada kualitas, edukasi, dan pengembangan industri kopi di Bengkulu seperti Coffee Cupping Show dan Barista Challenge.

BACA JUGA:Jonikane Rilis Single Joana Sebagai Seruan Melawan Kekerasan dan Pembodohan terhadap Perempuan

"Salah satu acara utama dalam festival ini adalah Coffee Cupping Show, sebuah kompetisi antar kelompok tani untuk menilai kualitas kopi mereka melalui cupping score," ujar Darjana, Rabu (28/9/2024).

Lanjutnya, terkait penilaian ini nantinya akan dilakukan oleh juri profesional dari Pusat Penelitian Kopi dan Kakao (Puslitkoka).

"Jadi kita memberikan kesempatan bagi petani untuk menunjukkan kualitas terbaik dari produk mereka," sambungnya

Selain itu, festival ini juga akan menggelar Barista Challenge, yang akan menjadi ajang unjuk keterampilan para barista dalam Manual Brewing Aeropress dan Latte Art. 

BACA JUGA:Ketua DPRD Kota Bengkulu Sementara Percepat Proses Pembentukan AKD

Kompetisi ini diharapkan dapat memperlihatkan kreativitas dan keahlian barista lokal, serta mendorong perkembangan industri kopi di Bengkulu.

Tak hanya itu, sebagai bagian dari festival Bencoolen Fest: Cerito Kopi dan Teh Bengkulu, akan ada upaya untuk membangun kerja sama dengan agregator penjualan kopi, yang bertujuan untuk memperluas jangkauan pasar kopi Bengkulu, baik di dalam maupun luar negeri. 

Kerja sama ini diharapkan dapat meningkatkan pendapatan petani dan pelaku usaha kopi di Bengkulu.

"Event ini menjadi momen penting untuk merayakan, mendalami, dan mengembangkan industri kopi dan teh di Bengkulu. Acara ini diharapkan dapat menarik perhatian para penggiat kopi, barista, petani, dan pecinta kopi dari seluruh Indonesia," tutup Darjana

BACA JUGA:Pemkot Bengkulu Beri Kemudahan Urus Perizinan, 7 Ribuan NIB Diterbitkan

Kategori :