Jangan Melawan! Begini Cara Sederhana Menghadapi Orangtua yang Toxic

Kamis 29-08-2024,16:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

3. Berikan Pengertian

Anda mungkin mengakhiri hubungan Anda dengan pasangan yang toxic. Namun memutuskan hubungan darah dengan orang tua bukanlah hal yang mudah, bahkan mustahil bagi sebagian orang.

Menghadapi orang tua yang keras kepala dan tidak sopan memang menguji kesabaran kita, apalagi saat mencoba memahami sudut pandang mereka.

Namun, ini merupakan langkah penting dalam upaya Anda berkomunikasi dengan mereka. Ingatlah bahwa tidak ada orang yang sempurna, termasuk orang tua Anda.

BACA JUGA:Saat Dihantam Banyak Masalah, Habib Novel Alaydrus Sarankan Amalan Ini, Agar Hati Tenang

BACA JUGA:Ini Dia 10 Cara Move On dari Patah Hati yang Kamu Alami

4. Cukup Tegas

Meski sudah memaafkan orang tua, kamu tetap berhak untuk bersikap cukup tegas. Misalnya, ketika orang tuamu menyalahkanmu karena kesalahan sepele, jangan takut untuk membela diri agar kamu tidak terus disalahkan.

Bersikap tegas bukan berarti harus menggunakan suara bernada tinggi agar terdengar seperti sedang memarahinya.

Lembutkan nada bicaramu, lalu tekankan bahwa kamu sudah cukup dewasa untuk terus dikritik karena hal sepele, seperti anak kecil.

5. Bersikap Dewasa 

Wajar jika kamu membutuhkan dukungan orang tua untuk mewujudkan keinginanmu, seperti saat kamu meminta restu ayahmu pada ibumu agar sukses dalam memilih pekerjaan.

BACA JUGA:Susah Tidur, Ini Dia 6 Makanan Pengantar Tidur yang Bisa Kamu Coba

BACA JUGA:Ini Dia Jamu Penyubur Kandungan yang Aman Dikonsumsi

Namun, ketika kamu menemui kegagalan, orang tua yang toxic mungkin akan langsung menyalahkanmu. 

Jangan main-main atau berdebat di depan orang tuamu. Jelaskan bahwa Anda sudah dewasa dan kegagalan yang Anda temui adalah bagian dari proses pembelajaran.

Kategori :