5 Efek Samping Makan Bayam yang Perlu Anda Ketahui

Rabu 28-08-2024,12:21 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

Hal ini dapat menyebabkan tubuh kekurangan mineral sehingga bisa meningkatkan kadar asam urat, berpotensi memperburuk kondisi seperti asam urat (asam urat tinggi).

2. Memanaskan kembali

Apakah Anda termasuk orang yang sering mengangatkan makanan? Sebaiknya hindari juga memanaskan kembali bayam agar tidak menimbulkan efek samping.

Memanaskan kembali bayam dapat menyebabkan oksidasi zat besi non-heme pada bayam yang dapat mempercepat konversi nitrat menjadi nitrit, terutama jika bayam sudah disimpan dalam waktu lama.

BACA JUGA:Ini Dia 5 Cara Efektif Menaikkan Kadar Hemoglobin

BACA JUGA:Ketahui 7 Manfaat ASI Eksklusif Untuk Ibu dan Bayi

Efek Samping Makan Bayam 

Sudah diketahui sebelumnya kenapa bayam dapat menyebabkan gangguan kesehatan. Nah, sekarang Anda bisa mengetahui apa saja eefek samping jika memakan bayam. Berikut efek samping yang perlu Anda ketahui. 

1. Gangguan pencernaan

Salah satu efek samping bayam jika dikonsumsi berlebihan dapat menyebabkan gangguan pencernaan seperti kembung dan kram perut.

Hal ini disebabkan kandungan seratnya yang tinggi. Mengonsumsi terlalu banyak serat dalam waktu singkat dapat menyebabkan ketidaknyamanan pada saluran cerna, seperti gas, kembung, dan kram.

2. Memperburuk gejala asam urat

Efek samping bayam juga dapat meningkatkan risiko asam urat karena kandungan purinnya yang tinggi.Pada penderita asam urat, kandungan purin ini dapat menyebabkan kembalinya gejala asam urat, seperti nyeri sendi dan lesu.

BACA JUGA:Ampuh untuk Mengatasi Kolesterol Tinggi, dr Zaidul Akbar Sarankan Konsumsi Buah Ini

BACA JUGA:Benarkah Bekas Sujud di Dahi Akan Terlihat di Akhirat? Berikut Penjelasan Gus Baha

3. Mengurangi efektivitas obat

Kategori :