Kenali 5 Manfaat Serai yang Bagus untuk Jaga Kesehatan Kulit, Salah Satunya Mencegah Kanker Kulit

Senin 26-08-2024,16:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM - Serai atau serai (citronella) merupakan salah satu bahan bumbu masakan yang populer di Indonesia. Namun, tanaman obat ini tidak hanya mampu membuat makanan terasa lebih enak.

Dengan aromanya yang lembut, serai sering digunakan sebagai bahan pembuat minyak atsiri.

Tak berhenti sampai di situ, Anda juga bisa merasakan manfaatnya dalam perawatan kulit! Apa saja manfaat yang disebutkan? Yuk, cari tahu manfaat serai selengkapnya dengan menyimak ulasan di bawah ini!

Manfaat Serai Untuk Kulit 

Serai merupakan tanaman multifungsi. Anda bisa menggunakannya sebagai parfum alami, untuk menghilangkan rasa sakit dan menghilangkan stres. Selain itu, serai juga memiliki kegunaan yang baik untuk kulit, yaitu:

BACA JUGA:Ampuh untuk Mengatasi Masalah Sembelit, dr Zaidul Akbar Sarankan Gunakan Ini

BACA JUGA:Ampuh Hilangkan Stress, Inilah 5 Manfaat Menari yang Sayang Untuk Dilewatkan

1. Menghidrasi kulit 

Untuk kulit berminyak atau berminyak, serai bisa digunakan untuk perawatan wajah karena dapat menghidrasi kulit. Kulit berminyak biasanya berarti pori-pori besar.

Nah, serai bisa membantu mengecilkan pori-pori dengan sifat astringennya. Khasiat ini juga membantu serai menghilangkan kotoran dari pori-pori, membantu mengurangi produksi sebum.

Menariknya, serai melakukan hal ini tanpa menghilangkan kelembapan alami kulit. Dengan cara ini, produksi sebum di wajah akan lebih terkontrol dan kulit tetap terhidrasi.

2. Meredakan iritasi dan peradangan

Pada dasarnya serai memiliki efek anti inflamasi. Hal ini memungkinkannya memberikan efek menenangkan pada kulit yang teriritasi atau meradang.

BACA JUGA:Sekilas Mirip Kunyit, Inilah 8 Manfaat Temu Ireng yang Sayang Untuk Dilewatkan

BACA JUGA:Rimpang-rimpang Ini Ampuh Mengatasi Penyakit Kulit, dr Zaidul Akbar Bagikan Resepnya

Kategori :