Ketahui 7 Manfaat ASI Eksklusif Untuk Ibu dan Bayi

Jumat 23-08-2024,21:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

Terpenuhinya kebutuhan nutrisi pada bayi akan membuat sistem imun bayi menjadi terjaga. Itulah kenapa ASI eksklusif sangat bermanfaat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh pada bayi. 

ASI eksklusif mengandung berbagai nutrisi dan antibodi yang sangat baik bagi sistem kekebalan tubuh bayi. Nutrisi dan antibodi tersebut membantu melindungi bayi dari berbagai penyakit dan infeksi, termasuk diare, infeksi saluran pernapasan, dan meningitis.

3. Meningkatkan kecerdasan

ASI mengandung asam lemak esensial seperti DHA yang penting untuk perkembangan otak. Hal ini telah di teliti oleh beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa bayi yang diberi ASI eksklusif memiliki skor IQ lebih tinggi.

Selain itu, DHA membantu membentuk struktur otak dan mempercepat pertumbuhan sel otak pada bayi. Oleh karena itu, pemberian ASI eksklusif dapat membantu meningkatkan kecerdasan bayi dan kemampuan belajar di masa depan.

BACA JUGA:Tidak Perlu Diragukan Lagi, Inilah 10 Manfaat Omega-3 untuk Kesehatan

BACA JUGA:Cara Ampuh Mengatasi Masalah Lambung, dr Zaidul Akbar Sarankan Memanfaatkan Bahan Ini

4. Menjaga kesehatan Ibu

Tak hanya menjaga kesehatan bayi, pemberian ASI eksklusif juga memiliki manfaat yang sangat baik bagi kesehatan ibu. ASI eksklusif dapat membantu menurunkan risiko kanker payudara dan ovarium pada ibu.

Selain itu, ASI eksklusif juga dapat membantu meningkatkan produksi hormon oksitosin, yang membantu uterus kembali ke ukuran normal dan mengurangi risiko perdarahan setelah melahirkan.

5. Menjalin ikatan emosional Ibu dengan bayi

Manfaat yang tak kalah penting dari pemberian ASI secara eksklusif adalah dapat menjalin ikatan emosional antara ibu dan bayi. 

Saat menyusui, ibu dan bayi saling berinteraksi dan membentuk ikatan emosional yang kuat. Selain itu, ASI eksklusif juga membantu mengurangi stres pada ibu dan membantu meningkat.

BACA JUGA:Kenali 5 Manfaat Daun Pegagan untuk Kesehatan Kulit, Melembabkan Kulit Hingga Mencegah Penuaan Dini

BACA JUGA:Jangan Ketinggalan Daftar CPNS 2024! Formasi Terbanyak Tenaga Teknis

6. Menjaga berat badan bayi

Kategori :