Hati-Hati! Ini Dia 6 Bahan Kosmetik dan Skincare Berbahaya yang Perlu Diketahui

Selasa 20-08-2024,12:52 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM - Bahan kosmetik dan skincare berbahaya dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan dan kulit, dari iritasi ringan hingga risiko kanker. 

Oleh sebab itu, penting untuk mewaspadai adanya bahan kosmetik dan skincare berbahaya, terutama pada produk-produk yang berani menjanjikan hasil yang instan.

Maka dari itu, jika menggunakan produk perawatan kecantikan seperti kosmetik dan skincare, apalagi secara rutin, Anda perlu mengetahui bahan-bahan berbahaya yang bisa terkandung di dalamnya. 

Dengan begitu, Anda dapat lebih berhati-hati saat memilih produk kosmetik. Berikut ini adalah beberapa bahan kosmetik dan skincare berbahaya yang memberi dampak buruk pada kulit maupun kesehatan tubuh secara keseluruhan. 

BACA JUGA:Cara Membuang Racun yang Membuat Penyakit, dr Zaidul Akbar Bagikan Resepnya

BACA JUGA:Bantu Jaga Kesehatan, Inilah 8 Manfaat Kuning Telur yang Sayang Untuk Kesehatan

1. Merkuri

Merkuri bisa diserap melalui kulit dan menyebabkan ruam, jerawat, dan kulit berwarna keabu-abuan.

Selain itu, paparan merkuri yang terhirup masuk ke paru-paru menyebabkan batuk, susah napas, mual, muntah, atau gusi berdarah. 

Dalam jangka panjang, paparan merkuri akan merusak otak, sistem saraf, dan ginjal. Oleh karena itu, sebelum membeli kosmetik atau produk perawatan kulit, periksa dengan teliti kandungan di dalamnya. 

Merkuri biasanya ditulis dengan berbagai istilah, seperti “mercurous chloride,” “calomel,” “mercuric,” atau “mercurio”.

BACA JUGA:Penting Untuk Jaga Kesehatan Anak, Inilah 8 Manfaat Buah Naga untuk Si Kecil

BACA JUGA:Pemanis Alami Makanan dan Minuman, Ini Dia 5 Manfaat Gula Aren Untuk Kesehatan

2. Hidroquinon

Hidroquinon adalah bahan aktif yang sering digunakan dalam produk perawatan kulit untuk mengatasi hiperpigmentasi, bintik-bintik usia, dan melasma. 

Kategori :