Mengenal HPHC dalam Rokok Serta Bahaya yang Ditimbulkan

Sabtu 17-08-2024,18:33 WIB
Reporter : Jamal Maarif
Editor : Jamal Maarif

BACA JUGA:Inilah 6 Bahaya Merokok bagi Kesehatan Mulut

Kanker paru-paru
Berbagai kandungan HPHC di dalam rokok bersifat karsinogen, yaitu dapat memicu pertumbuhan sel kanker dan salah satunya adalah kanker paru-paru. Hal ini dapat terjadi lantaran HPHC yang masuk ke dalam tubuh saat merokok bisa memicu kerusakan sel yang melapisi paru-paru.

Seiring waktu, kerusakan tersebut dapat memicu pertumbuhan sel abnormal di sekitar paru-paru dan terjadilah kanker. Bukan hanya perokok aktif, perokok pasif pun bisa berisiko tinggi mengalami kanker paru-paru bila terpapar dalam jangka panjang.

Gangguan gigi dan mulut
Salah satu masalah gigi dan mulut yang kerap dialami oleh perokok aktif adalah perubahan warna pada gigi dan bau napas tidak sedap. Kondisi ini umumnya disebabkan oleh HPHC yang terkandung di dalam rokok. Dalam jangka panjang, beragam kandungan HPHC dalam rokok juga dapat menyebabkan penumpukan plak dan terbentuknya karang gigi. Bila dibiarkan tanpa penanganan, HPHC dapat memicu kerusakan pada lapisan tulang dan jaringan gigi serta membuat gigi dan gusi rentan mengalami infeksi atau bahkan kanker mulut.

BACA JUGA:Tips Ampuh Berhenti Merokok Tanpa Takut Berat Badan Bertambah

Selain beberapa penyakit di atas, merokok juga dapat meningkatkan risiko munculnya penyakit mata dan masalah pada sistem kekebalan tubuh, termasuk rheumatoid arthritis, serta penyakit kronis seperti diabetes. Nah, agar terhindar dari berbagai risiko kesehatan akibat merokok, cobalah untuk berhenti merokok mulai sekarang. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter jika Anda merasa kesulitan untuk berhenti merokok.(bee)

Kategori :