Sekilas Mirip Kunyit, Inilah 8 Manfaat Temu Ireng yang Sayang Untuk Dilewatkan

Senin 19-08-2024,12:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM - Apakah sebagian dari kamu pernah mendengar obat tradisional temu ireng? Temu ireng merupakan salah satu tanaman herbal yang terkenal di Indonesia.

Temu ireng biasa dijadikan sebagai obat tradisional yang mampu menyembuhkan beberapa jenis penyakit. Oleh karena manfaat temu ireng yang begitu besar, tak heran jika banyak jamu menggunakan tanaman ini sebagai bahan bakunya.

Jika kamu yang belum pernah mencoba temu ireng pasti akan asing dengan cita rasanya. Temu ireng memiliki rasa getir, khasiat dari temu ireng sangat baik. 

Pasalnya, temu ireng mengandung antioksidan yang tinggi, minyak atsiri, flavonoid, saponin, alkaloid, dan kurkumin yang efektif mengatasi masalah sekaligus meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Lantas, apa saja manfaat temu ireng ini? Yuk, simak pada ulasan di bawah ini

BACA JUGA:Sering Diolah Jadi Sajian Lezat, Berikut Tinta Cumi-cumi Untuk Kesehatan

Manfaat Temu Ireng Untuk Kesehatan 

Tanaman temu ireng memiliki rimpang berwarna biru atau kelabu dan berbentuk seperti kunyit. Berikut manfaat tanaman temu ireng.

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat temu ireng yang tak kalah pentingnya adalah menjaga dan meningkatkan kekebalan tubuh. Seseorang tidak akan mudah terserang penyakit jika memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik.

Sebaliknya, orang yang memiliki kekebalan tubuh yang lemah akan sangat mudah terserang dari berbagai macam penyakit. Untuk itu, mengonsumsi jamu temu ireng bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh.

2. Membantu Mengurangi Peradangan 

Temu ireng mengandung senyawa aktif seperti kurkumin dan minyak atsiri yang memiliki sifat anti-inflamasi.

Ini membantu mengurangi peradangan dalam tubuh, yang bermanfaat untuk kondisi seperti arthritis, nyeri sendi, dan gangguan peradangan lainnya.

BACA JUGA:Ini Dia 6 Jenis Buah yang dapat Redakan Batuk Secara Alami

BACA JUGA:Bantu Jaga Kesehatan, Inilah 8 Manfaat Kuning Telur yang Sayang Untuk Kesehatan

Kategori :