Polres Mukomuko Gelar Tactical Floor Game, Persiapkan Pengamanan Pilkada 2024

Jumat 16-08-2024,18:41 WIB
Reporter : Endi
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM - Dalam rangka mempersiapkan keamanan jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024, Polres Mukomuko mengadakan pemaparan metode operasional Sistem Pengamanan Kota (Sispam Kota) melalui simulasi Tactical Floor Game (TFG) pada Jumat pagi (16/8/2024). 

Acara ini berlangsung di Aula Mapolres Mukomuko dan dihadiri oleh berbagai unsur Forkopimda, pejabat utama Polres Mukomuko, serta Kapolsek dan anggota yang terlibat dalam latihan.

Kapolres Mukomuko, AKBP Yana Supriatna, S.I.K, M.Si., menjelaskan bahwa kegiatan Tactical Floor Game ini bertujuan untuk mempersiapkan seluruh elemen yang terlibat dalam Sispam Kota agar memahami peran, tugas pokok, dan fungsi masing-masing dalam rangka menjaga keamanan selama Pilkada 2024. 

BACA JUGA:Kemenhub Siap Bangun Jembatan Timbang di Mukomuko untuk Kendalikan Muatan dan Lindungi Infrastruktur Jalan

"TFG adalah sebuah metode simulasi yang digunakan untuk menggambarkan pergerakan pasukan melalui peta yang diletakkan di lantai. Tujuannya adalah untuk memberikan gambaran yang jelas tentang strategi yang harus diambil baik dalam kondisi aman maupun saat terjadi situasi kontingensi," ujar AKBP Yana Supriatna.

Kapolres juga menekankan pentingnya persiapan yang maksimal, baik dari segi personel maupun peralatan, oleh seluruh instansi yang terlibat. 

"Persiapan yang matang adalah kunci untuk memastikan Sispam Kota dan apel gelar pasukan dapat berjalan dengan lancar. Kita semua harus siap menghadapi berbagai kemungkinan yang mungkin terjadi selama Pilkada," tambahnya.

Selain itu, Kapolres juga menggarisbawahi pentingnya sinergi antara Polri, TNI, dan stakeholder lainnya dalam mengendalikan situasi dan memastikan setiap personel mengetahui langkah-langkah yang harus diambil saat menghadapi kejadian yang tidak terduga. 

BACA JUGA:Pemkab Mukomuko Gelar Bakti Sosial: Khitanan Massal dan Donor Darah Semarakkan Peringatan HUT ke-79 RI

"Diharapkan kerjasama yang baik antara TNI, Polri, dan stakeholder terkait dapat terwujud, terutama dalam pengendalian anggota yang jumlahnya cukup besar," harap Kapolres.

AKBP Yana Supriatna juga mengingatkan bahwa setiap penanggung jawab harus memahami dan menguasai rangkaian kegiatan serta prosedur penyelesaian setiap tahapan. 

"Dengan adanya TFG ini, kami berharap dapat menciptakan sinergi yang kuat dan pemahaman yang menyeluruh mengenai mekanisme pelaksanaan kegiatan. Jaga terus kekompakan dan sinergitas antar stakeholder agar pelaksanaan Sispam Kota dapat berjalan lancar, sehingga situasi di Kabupaten Mukomuko tetap aman, tertib, dan kondusif," tutupnya.

Kegiatan ini diharapkan mampu memperkuat koordinasi antar lembaga dan memastikan kesiapan maksimal dalam menghadapi berbagai tantangan yang mungkin muncul selama pelaksanaan Pilkada 2024. (end)

Kategori :