Capai Biaya Hingga Puluhan Juta, Inilah Kelebihan Program Bayi Tabung yang Perlu Diketahui

Jumat 09-08-2024,11:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

Hal ini dapat diketahui pemeriksaan yang dilakukan. Perempuan memiliki kromoson XX dan laki-laki memiliki kromosom XY. Pada prosedur kehamilan normal, jenis kelamin baru mulai terdeteksi pada usia kehamilan 14–18 minggu melalui pemeriksaan USG.

BACA JUGA:Cara Mengobati Tangan dan Kaki Sering Kesemutan, dr Zaidul Akbar Sarankan Rutin Minum Ini

4. Mendeteksi kelainan genetik

Dalam program bayi tabung, sel telur yang berhasil dibuahi akan melalui tes genetik praimplantasi (pre-implantation genetic diagnosis) sebelum ditanam ke dalam rahim. Tes ini bertujuan untuk memeriksa kelainan genetik pada embrio.

Jika ditemukan embrio dengan kelainan genetik, embrio tersebut akan dieliminasi. Kemudian, dokter akan memilih dan menanam embrio yang sehat tanpa kelainan genetik.

Itulah sejumlah kelebihan program bayi tabung yang perlu kamu ketahui. Bayi tabung memang memiliki banyak kelebihan, tetapi program ini bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. 

Selain perlu mengeluarkan uang yang mencapai puluhan juta, calon ibu dan ayah juga harus menjaga kesehatan fisik dan mental supaya peluang keberhasilan bayi tabung semakin tinggi.

BACA JUGA:Ini 5 Pantangan Amandel yang Perlu untuk Diketahui, Salah Satunya Makanan Pedas

Jika kamu tertarik untuk melakukan program bayi tabung, sebaiknya kamu dan pasangan berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Dokter akan melakukan pemeriksaan dan memberikan saran yang sesuai dengan kondisi kamu dan pasangan.

Kategori :