Capai Biaya Hingga Puluhan Juta, Inilah Kelebihan Program Bayi Tabung yang Perlu Diketahui

Jumat 09-08-2024,11:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM - Dari beberapa jenis program hamil, prosedur bayi tabung bisa menjadi pilihan untuk mendapatkan momongan, terutama jika cara yang lain tidak bisa dilakukan atau gagal. 

Bayi tabung, atau fertilisasi in vitro (IVF), adalah salah satu metode reproduksi berbantu yang membantu pasangan yang mengalami kesulitan untuk hamil secara alami. 

Teknologi ini telah berkembang pesat sejak pertama kali berhasil dilakukan pada tahun 1978 dan memberikan harapan bagi banyak pasangan yang menghadapi masalah kesuburan. 

Setidaknya ada 4 kelebihan bayi tabung yang perlu kamu dan pasangan ketahui sebelum memutuskan untuk menjalani program ini. Berikut ini adalah beberapa kelebihan bayi tabung yang perlu kalian tahu:

BACA JUGA:Cara Mudah Mengatasi Batuk Pada Anak, dr Zaidul Akbar Sarankan Rebus 2 Bahan Ini

1. Memiliki peluang keberhasilan hamil lebih tinggi

Manfaat utama pada program bayi tabung adalah memiliki peluang keberhasilan yang tinggi. Bayi tabung dinilai sebagai metode yang paling efektif dan berpeluang tinggi untuk memperoleh kehamilan. 

Keberhasilan bayi tabung tentunya dipengaruhi oleh pola hidup sehat yang dijalani calon ibu maupun ayah, usia wanita, serta kualitas sel telur dan sel sperma yang akan digunakan.

Oleh karena itu, jika kamu dan pasangan ingin menjalani program ini, terapkanlah pola hidup sehat, termasuk mengonsumsi makanan sehat, mencukupi kebutuhan vitamin D, menerapkan pola tidur yang baik, menjaga berat badan ideal, mengelola stres, dan tidak merokok.

BACA JUGA:Berisiko Kematian, Waspadai 7 Bahaya Tidur Pagi Terhadap Kesehatan Tubuh

2. Memiliki peluang mendapatkan anak kembar

Tak hanya berpeluang mendapatkan momongan, jika kamu dan pasangan menginginkan anak kembar, program bayi tabung bisa menjadi pilihan. Pada metode ini, akan ada beberapa sel telur yang diambil untuk dibuahi oleh sperma agar bisa mendapatkan lebih dari satu embrio.

Ketika ada dua atau lebih embrio yang dimasukkan ke dalam rahim dan berhasil menempel di dinding rahim, kehamilan kembar pun bisa terjadi. Namun, anak kembar yang didapatkan dari bayi tabung biasanya adalah kembar non-identik.

3. Mendeteksi dini jenis kelamin

Program bayi tabung juga memiliki kelebihan yakni dapat mendeteksi sejak dini jenis kelamin bayi. Jenis kelamin bayi akan sesuai dengan kromosom yang dibawanya.

Kategori :