Sering Overthingking? Simak 5 Cara Menghilangkannya Agar Tidak Berdampak pada Kesehatan Mental

Kamis 08-08-2024,13:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

Selain itu, kamu juga bisa menumbuhkan sistem pendukung yang kuat yang terdiri dari orang-orang yang dapat memberi kamu dorongan dan cinta. Maafkan diri kamu untuk hal-hal yang kamu sesali.

BACA JUGA:Dapat Meningkatkan Kesuburan Pria, Berikut Manfaat Toge yang Sayang untuk Dilewatkan

3. Jaukan Pikiran Negatif

Pikiran yang negatif merupakan salah satu pemicu terjadinya overthingking. Untuk menghilangkan pikiran ini, ingatkan diri kamu bahwa yang ada di dalam pikiran kamu bukanlah kenyataan. 

Setiap pikiran yang kamu miliki tidak akan selalu benar, akurat, atau bahkan realistis. Mempelajari cara membingkai ulang pikiran dengan cara yang lebih positif dapat membantu menghilangkan overthinking.

Ketika kamu mendapati diri kamu terlalu banyak berpikir, tantang pikiran-pikiran ini. Tanyakan pada diri kamu apakah ini realistis.

Pertimbangkan skenario alternatif. Mungkin sulit pada awalnya, tetapi belajar untuk mengeluarkan pemikiran berlebihan dapat membantu kamu belajar mengganti pikiran negatif dengan yang lebih bermanfaat.

Untuk informasi lainnya, kamu juga bisa baca artikel ini: Overthinking Termasuk Mental Illness? Cek Faktanya.

BACA JUGA:Cara Mudah Mengatasi Batuk Pada Anak, dr Zaidul Akbar Sarankan Rebus 2 Bahan Ini

4. Latih Keterampilan Interpersonal

Cara selanjutnya, kamu bisa melatih keterampilan interpersonal. Meningkatkan keterampilan interpersonal juga bisa menjadi cara menghilangkan kebiasaan overthinking yang kamu miliki.

Ada berbagai cara untuk meningkatkan keterampilan interpersonal, seperti meingkatkan kepercayaan diri, meningkatkan kesadaran diri dan melatih kontrol diri. Dengan menerapkan cara ini kamu dapat melatih keterampilan interpersonal untuk mengatasi overthingking yang berlebih. 

5. Meditasi dan terapi 

Terakhir adalah meditasi dan terapi, cara ini dapat menjadi alat yang sangat baik untuk mengarahkan pikiran kamu ke hal yang lebih positif. Saat kamu bermeditasi, fokuslah pada napas.

Tujuannya bukan untuk menjernihkan pikiran, melainkan untuk memfokuskannya pada sesuatu dan berlatih mengarahkan kembali fokus kamu setiap kali pikiran mengembara.

BACA JUGA:Jadi Sumber Riboflavin yang Sangat Baik, Inilah Manfaat Buah Maja untuk Kesehatan

Kategori :