Baik untuk Kesehatan, Inilah 5 Manfaat Kacang Kapri yang Sayang Untuk Dilewatkan

Kamis 08-08-2024,11:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM - Kacang kapri (Pisum sativum var. macrocarpon) adalah sejenis kacang polong yang sering digunakan dalam berbagai masakan. 

Kacang kapri dikenal karena rasanya yang manis dan renyah serta kaya akan nutrisi yang baik untuk kesehatan. Dalam dunia kuliner di Indonesia sendiri, kacang kapri sering digunakan untuk masakan capcay, nasi goreng, sup, dan sayur kapri lainnya. 

Terlepas dari hal tersebut, kacang kapri dapat memberikan berbagai manfaat yang luar biasa bagi kesehatan Anda. Berikut informasi mengenai manfaat kacang kapri untuk kesehatan. 

1. Rendah Kalori dan Kaya akan Nutrisi

Kacang kapri memiliki kalori yang relatif sedikit bila dibandingkan dengan kacang polong hijau, karena 100 gram kacang kapri hanya mengandung 42 kalori. 

BACA JUGA:Cara Mudah Mengatasi Batuk Pada Anak, dr Zaidul Akbar Sarankan Rebus 2 Bahan Ini

Meskipun begitu, kacang kapri mengandung vitamin, mineral, serta nutrisi lainnya yang tidak kalah banyak jika dibandingkan kacang-kacangan lainnya.

2. Mengandung Asam Folat yang Baik untuk Ibu Hamil

Kacang kapri yang masih segar merupakan sumber asam folat yang sangat baik. Dimana asam folat merupakan salah satu kelompok vitamin B kompleks, yang dibutuhkan tubuh untuk memproduksi DNA hingga membentuk sel darah merah. 

Beberapa studi menunjukkan bahwa makanan yang kaya akan folat sangat bermanfaat bagi ibu hamil untuk mencegah terjadinya cacat pada kelahiran bayi. 

BACA JUGA:Timbulkan Risiko Penyakit Mematikan, Ini Dia Bahaya Makan Malam untuk Tubuh

3. Menyehatkan pencernaan

Selain kaya akan vitamin C, kacang kapri juga kaya akan serat. Karena bisa dimakan bersama dengan kulitnya, sayuran ini bisa memberikan serat yang lebih banyak daripada kacang polong. 

Berkat kandungan nutrisi tersebut, manfaat kacang kapri sangat baik untuk kesehatan pencernaan. Contohnya menjaga agar buang air besar tetap teratur dan mencegah sembelit.

4. Baik untuk Kesehatan Tulang 

Kategori :