Kulit Terbakar di Bawah Sinar Matahari? Simak 5 Cara Mengatasinya

Rabu 07-08-2024,19:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM - Tak hanya menyebabkan kulit kusam, sinar matahari juga dapat menyebabkan luka bakar yang serius pada kulit apalagi jika kamu gemar berjemur di bawah teriknya sinar matahari. 

Kulit yang terbakar akibat terkena sinar matahari, jika disepelekan akan menimbulkan beragam masalah pada kulit seperti luka bakar yang dapat menjadi bekas menghitam sehingga dapat menurunkan kepercayaan diri. 

Tapi, jika kamu memang berada diwilayah dengan sinar matahari yang cukup terik seperti di pantai, kamu tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara mengatasi kulit terbakar akibat sengatan sinar matahari. Bagaimana cara mengatasinya? Simak pada ulasan di bawah ini. 

Berikut cara mengatasi kulit terbakar akibat sengatan sinar matahari. 

BACA JUGA:Kekuatan Khodam Naga Gunung Anak Krakatau

1. Dinginkan Kulit

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan mendinginkan kulit. Mendinginkan kulit dengan segera bisa menjadi cara mengatasi luka bakar karena sinar matahari. 

Ketika kulit mulai terbakar, segeralah dinginkan kulit selama beberapa waktu dengan menggunakan air. Setelah mendinginkan kulit dengan air, kemudian kompreslah luka dengan air dingin.

Kamu bisa melakukannya selama 15 menit hingga merasa nyaman. Lalu, segeralah lindungi tubuh dari paparan sinar matahari secara langsung. 

2. Lembabkan Kulit

Setelah mendinginkan kulit, cara mengatasi luka bakar karena sinar matahari juga bisa dengan melembabkan kulit. Kamu bisa kok menggunakan lotion pelembap yang lembut selama beberapa hari ke depan. 

BACA JUGA:Pacaran Virtual: Yuk Kenali Jenis Hubungan yang Satu Ini!

Ingat, jangan sekali-kali melembapkan kulit dengan minyak atau bahan lainnya yang bisa memerangkap panas di dalam kulit atau membuat luka bakar makin memburuk. 

3. Cukupi Cairan Tubuh

Jangan salah, ternyata luka bakar bisa menarik cairan ke permukaan kulit menjauh dari bagian tubuh lainnya. Kondisi inilah yang bisa menyebabkan dehidrasi. 

Kategori :