Lebih Tahan Lama dan Tetap Segar, Begini Cara Menyimpan Kopi Bubuk yang Benar

Rabu 07-08-2024,13:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

BENGKULKUEKSPRESS.COM - Apakah Anda merupakan salah satu penikmat kopi? Banyak penikmat kopi menyarankan, biji kopi yang baru saja digiling lebih memiliki cita rasa terbaik dan memiliki kesegaran yang membangkitkan semangat penikmat kopi. 

Berbeda dengan kopi bubuk, yang dilihat dari segi rasa dan kesegarannya tidak dapat bertahan lama. Meski demikian, tak sedikit orang memilih kopi bubuk sebagai solusi cepat. Dengan melalui proses penggilingan, bukan berarti Anda tidak bisa merasakan kesegaran kopi dalam bentuk bubuk. 

Dengan kata lain, baik kopi dalam bentuk biji atau bubuk, masing-masing memiliki potensi tidak segar saat diseduh, apabila cara menyimpan kopi bubuk dan biji tersebut tidak benar.

Salah satu faktor utama yang membuat kopi bubuk tidak lagi segar yaitu saat kopi terpapar udara dalam waktu yang berkepanjangan. Kopi dalam bentuk bubuk apabila terpapar udara dalam waktu lama akan lebih cepat mengalami penurunan kualitas dibanding kopi dalam bentuk biji. 

BACA JUGA:Kekuatan Khodam Naga Gunung Anak Krakatau

Itulah mengapa, penting memahami bagaimana cara menyimpan kopi bubuk yang tepat. Artikel ini akan memberikan informasi mengenai cara menyimpan kopi bubuk yang tepat dan efektif untuk dilakukan. Bagaimana caranya? Yuk, simak pada ulasan di bawah ini. 

1. Pilih wadah kedap udara

Cara peratama yang efektif untuk menyimpan kopi bubuk adalh dengan memilih wadah yang kedap udara. Cara menyimpan kopi bubuk yang tepat yaitu dengan memilih wadah kopi yang kedap udara. 

Pasalnya, bubuk kopi yang terpapar udara secara terus menerus dapat mengurai kesegaran dari kopi. Kemudian pastikan tidak terdapat bau dari wadah tersebut yang tentunya dapat memengaruhi kualitas bubuk kopi.

2. Perhatikan lokasi peletakan wadah

Selain memilih wadah bubuk kopi yang kedap udara, Anda perlu juga untuk menyimpan wadah bubuk kopi yang terhindar dari panas dan cahaya berlebih. 

BACA JUGA:Bicaranya Sedikit Tapi Nyelekit, Ini Dia Ciri Orang yang Didampingi Khodam Pendamping Ular

Sebab, kedua hal tersebut dapat mengganggu kesegaran dari bubuk kopi. Dengan meletakkan kopi di lokasi yang tepat tidak akan menurunkan kualitas kesegaran kopi. 

3. Hindari suhu yang lembap

Selain lokasi peletakan yang benar, dengan memperhatikan suhu dan kelembapan akan membuat kopi lebih tahan lama dan masih dalam keadaan segar. 

Kategori :