Ini Dia 6 Manfaat Minyak Ikan Kesehatan Kucing Kesayangan Anda

Selasa 06-08-2024,13:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM - Tak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia, ternyata minyak ikan (fish oil) telah dikenal sebagai salah satu suplemen nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan manusia. 

Namun, tahukah Anda bahwa minyak ikan ternyata dapat memberikan manfaat untuk kesehatan kucing peliharaan Anda? Cari tahu informasinya di bawah ini.

Minyak ikan adalah sumber asam lemak omega-3 yang terdiri dari dua bahan utama, yaitu asam eicosapentaenoic (EPA) dan asam docosahexaenoic (DHA).

Berkat dua kandungan ini, minyak ikan dapat memberikan manfaat bagi kesehatan kucing, berikut di antaranya. 

BACA JUGA:Kekuatan Khodam Ular Naga Laut Pantai Selatan

1. Meningkatkan kesehatan kulit dan bulu 

Salah satu manfaat fish oil untuk kucing yang cukup populer adalah membantu mengatasi masalah kulit dan bulu pada kucing, seperti dermatitis.

Hal ini karena minyak ikan dapat mengurangi rasa gatal dengan cara menurunkan produksi sitokin dalam tubuh. 

Manfaat ini bisa didapat berkat kandungan asam lemak omega-3 yang mampu menjaga kelembapan kulit kucing dan dianggap efektif untuk mengobati penyakit kulit.

Tidak hanya itu, minyak ikan juga dapat membuat bulu kucing lebih mudah dirawat, sehingga terlihat lebih sehat dan berkilau.

BACA JUGA:Pentingnya Berhijab Bagi Wanita Muslim, Ustazah Oki Setiana Dewi: Ada Perintah Allah

2. Mengatasi masalah kesehatan gigi dan gusi 

Kesehatan gigi dan gusi adalah aspek penting dalam menjaga kesehatan kucing. Menurut penelitian yang diterbitkan di Journal of Animal Physiology and Animal Nutrition, minyak ikan memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat mengatasi masalah kesehatan gigi, seperti gingivitis. 

Hal ini karena sifat antiinflamasi tersebut dapat membantu mengurangi peradangan pada area sekitar gusi kucing serta mempercepat penyembuhan luka. 

3. Meningkatkan kesehatan fungsi otak 

Kategori :