Saat Sudah Menikah, Apakah Wanita Masih Boleh Bekerja? Ini Kata Buya Yahya

Jumat 02-08-2024,05:00 WIB
Reporter : Ari Apriko
Editor : Ari Apriko

BENGKULUEKSPRESS.COM- Dalam Islam, sebenarnya tidak ada larangan bagi perempuan untuk bekerja.

Ada banyak alasan mengapa perempuan bekerja, salah satunya adalah untuk membantu menunjang keuangan rumah tangga dan suami.

Meskipun demikian, Islam menetapkan laki-laki sebagai kepala keluarga yang bertanggung jawab memenuhi segala kebutuhan istri dan keluarganya, serta segala kebutuhan di luar rumah.

BACA JUGA:Dosa Anak Akan Terus Mengalir dan Juga Ditanggung Orang Tua, Buya Yahya: Bila Melakukan Ini

BACA JUGA:Ibu-Ibu Wajib Tahu, Buya Yahya Jelaskan Cara Mencuci Baju yang Benar di Mesin Cuci Sesuai Islam

Perempuan yang bekerja tetap diharapkan menjaga kehormatan diri dan menjalankan tugasnya sebagai istri dan ibu dalam rumah tangga.

"Laki-laki (suami) adalah pemimpin bagi perempuan (perempuan) karena Allah telah mendahulukan sebagian dari mereka (laki-laki) dibandingkan sebagian lainnya (perempuan) dan karena mereka (laki-laki) adalah pemimpin dengan harta yang dimilikinya," (QS Annisa:34)

Jika suami memiliki kewajiban mencari nafkah, istri tidak dilarang untuk bekerja, asalkan memenuhi beberapa syarat dan tidak melanggar syariat Islam. Dalam Al-Qur'an, Allah SWT berfirman dalam Surat At Taubah ayat 105:

"Dan katakanlah, 'Bekerjalah kamu, maka Allah dan Rasul-Nya serta orang-orang mukmin akan melihat pekerjaanmu itu, dan kamu akan dikembalikan kepada (Allah) yang mengetahui yang gaib dan yang nyata, lalu diberitakan-Nya kepada kamu apa yang telah kamu kerjakan," (QS At Taubah: 105)

Ayat ini menunjukkan bahwa Islam tidak melarang perempuan untuk bekerja, selama pekerjaan tersebut sesuai dengan syariat dan menjaga kehormatan diri serta keluarga.

Terkait dengan hukum wanita yang bekerja sendiri pernah dijelaskan oleh Buya Yahya dalam suatu ceramah yang videonya diunggah oleh kanal Youtube Buya Yahya.

Dalam video tersebut, Buya Yahya mengungkapkan bahwa sah-sah saja bila wanita ingin bekerja, namun ia mengingatkan akan rambu-rambu yang harus dipahami oleh wanita yang bekerja.

BACA JUGA:Ingin Menjadi Istri Idaman, Buya Yahya Bagikan Tipsnya

BACA JUGA:Adakah yang Lebih Berharga dari Harta Benda? Buya Yahya Tekankan Manusia Harus Punya Ini Agar Hidup Seimbang

"Wanita boleh bekerja juga, tapi harus tahu rambu-rambunya. Tadinya suamiku juga mengizinkan. Tugasku pada suami bukan lalai, tapi tempat terhormat," kata Buya Yahya.

Kategori :